Terbit: 7 Mei 2018 | Diperbarui: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mimpi adalah sebuah kejadian atau pengalaman bawah sadar yang dialami seseorang ketika dalam keadaan tidur. Mimpi sendiri memang tidak bisa dikaitkan dengan kehidupan, maka tak heran jika banyak yang mengatakan bahwa mimpi tak lebih dari sekedar bunga tidur.

Sering Mimpi Buruk? Atasi dengan 3 Cara Ini!

Di balik itu semua, ternyata mimpi pun bisa dikelola dan diatur. Menurut ahli psikologi yang dikutip dari laman TimesOfIndia, mengatakan bahwa mimpi bukanlah lagi bunga tidur karena bisa dibentuk dan bisa dikelola. Mimpi sangat erat kaitannya dengan kondisi mental dan fisik seseorang. Jadi, apa yang sedang dirasakan, baik secara fisik maupun mental akan memengaruhi kualitas mimpinya.

Dijelaskan lagi bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengelola mimpi. Cara ini dikhususkan kepada orang-orang yang kerap mendapati mimpi buruk dari setiap tidur malamnya. Sebab, mimpi buruk seringkali menjadi hal yang membuat kognitif serta mental seseorang menjadi terganggu karena munculnya kecemasan.

Apa saja tipsnya? Berikut di antaranya:

1. Kelola Stres

Stres memang wajar dialami oleh setiap orang. Stres sendiri biasanya dihasilkan dari masalah kehidupan, mulai dari ekonomi, sosial, hingga asmara. Nah, stres yang berlebih akan memberikan efek tidak baik bagi fisik dan mental seseorang, salah satu akibatnya adalah mendapati mimpi buruk. Untuk itu, agar terhindar dari mimpi buruk ada baiknya Anda mengelola stres dengan baik.

2. Pola Tidur

Penyebab lain datangnya mimpi buruk adalah karena pola tidur yang tidak baik. Pola tidur sendiri bisa seperti kualitas atau jam tidur. Tidak hanya itu, posisi saat tidur serta suhu ruangan pun turut berperan dalam penciptaan mimpi buruk. Maka dari itu, usahakan agar Anda mendapati kualitas tidur yang baik dengan cara meningkatkan jam tidur, memperbaiki posisi tidur, mengontrol suhu ruangan, serta menata barang-barang di kamar tidur Anda agar semenarik mungkin.

3. Terapi

Ketika Anda terus-menerus diserang mimpi buruk, berarti ada kesalahan dalam jaringan saraf serta kognitif Anda. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan terapi yang bisa Anda dapatkan di pusat terapi maupun dilakukan seorang diri. Terapi ini biasanya dilakukan untuk menenangkan pikiran, merileksasi tubuh, serta memberikan sugesti baik kepada otak.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi