Ternyata Ini Penyebab Sering Mengantuk Saat Sakit, Sudah Tahu?

kedinginan-tidur-doktersehat
Photo Source: Flickr/moonpir

DokterSehat.Com– Saat sedang sakit atau tidak enak badan kita cenderung lebih mudah mengantuk dan ingin terus tidur. Padahal, di malam hari kita sudah tidur dengan durasi waktu yang cukup. Mengingat tidur terlalu lama biasanya kurang baik bagi kondisi tubuh, apakah sering tidur saat tubuh sedang dalam kondisi sakit juga kurang baik untuk dilakukan?

Apa Penyebab Sering Mengantuk Saat Sakit?

Banyak orang yang berpikir jika kecenderungan untuk lebih mudah mengantuk saat sakit disebabkan oleh pengaruh obat yang kita konsumsi. Hal ini akan membuat tubuh lebih banyak beristirahat dan akhirnya membantu proses pemulihan. Faktanya, menurut pakar kesehatan, tanpa adanya pengaruh obat pun tubuh sebenarnya akan berada dalam mode lebih banyak beristirahat saat sedang sakit.

Sebuah penelitian dilakukan oleh para ahli dari University of Pennsylvania mengungkapkan, untuk mengetahui bagaimana tubuh melakukan mekanisme lebih banyak beristirahat saat sedang sakit. Hasilnya adalah kondisi ini disebabkan oleh sejenis gen bernama nemuri. Gen inilah yang membuat kita seperti membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak dari biasanya saat sakit.

Gen ini juga berperan dalam melawan kuman dengan melakukan aktivitas antikrobial. Kondisi ini juga akan mempengaruhi sel otak untuk membuat tubuh lebih mudah mengantuk, lebih sering tidur, dan bahkan tidur dengan lebih nyenyak demi membantu gen melawan infeksi dengan lebih baik.

“Memang, banyak tidur bisa membantu kesembuhan, tapi hasil penelitian yang kami lakukan menemukan fakta bahwa sistem kekebalan tubuh dan kebutuhan tidur saat sakit memang terkait secara langsung,” ucap salah seorang peneliti yang terlibat, Prof. Amita Sehgal.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lalat sebagai percobaan, namun para peneliti yakin jika hal ini juga terjadi pada tubuh manusia saat sakit. Dari penelitian ini juga ditemukan fakta bahwa nemuri memiliki kemampuan membunuh mikroba di beberapa bagian tubuh lalat percobaan tersebut. Tanpa adanya gen ini, lalat akan susah tidur saat terkena infeksi dan kemungkinan untuk bertahan hidup semakin menurun.

Tips Cepat Pulih Saat Sakit Selain dengan Tidur

Selain dengan banyak beristirahat, pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan beberapa hal agar lebih cepat sembuh sehingga bisa kembali beraktivitas. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa cepat pulih dari sakit:

  1. Mengonsumsi makanan berenergi

Mengingat saat sakit tubuh biasanya akan terasa lesu, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan yang bisa menyediakan energi seperti sup ayam, telur, dan susu. Kita juga bisa mengonsumsi camilan sehat dan kaya serat seperti biskuit gandum.

  1. Buat sistem pencernaan menjadi lebih nyaman

Kondisi pencernaan orang yang sedang sakit biasanya juga tidak nyaman. Selain tidak doyan makan karena lidah yang terasa hambar atau perut yang tidak karuan, terkadang kita juga bisa mengalami gangguan buang air besar. Karena alasan inilah kita sebaiknya mengonsumsi makanan yang netral saja saat sakit, bukannya yang pedas, asam atau berlemak. Selain itu, kita bisa memperbanyak makanan yang mudah dicerna seperti bubur atau yoghurt yang bisa membantu pencernaan menjadi lebih kuat.

  1. Minum suplemen

Saat sakit, tubuh biasanya membutuhkan vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya agar bisa cepat pulih. Selain dengan mengonsumsi makanan sehat, kita juga bisa mengonsumsi suplemen. Hanya saja, sebaiknya kita berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui suplemen apa yang tepat dan aman untuk dikonsumsi.

  1. Cobalah bergerak

Meski tubuh terasa lesu, sebaiknya kita tidak tiduran saja. Cobalah untuk lebih aktif bergerak seperti berjalan kaki atau setidaknya melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga agar badan terasa lebih bugar.