Terbit: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Masturbasi adalah sebuah kegiatan atau aktivitas melakukan rangsangan pada organ intim dengan disengaja. Masturbasi sendiri ditujukan untuk mendapat kenikmatan dan sensasi seksual, walau sedang tidak melakukannya secara langsung. Tidak hanya pria, masturbasi pun juga sering dilakukan oleh kaum hawa. Maka bisa dikatakan jika sebenarnya pria dan wanita memiliki hasrat seksual yang sama.

Sering Masturbasi Bisa Sebabkan HIV, Benarkah Demikian?

Photo Credit : pexels.com

Jika pada pria, masturbasi biasanya menggunakan tangan sendiri dengan menggosokkannya pada penis sampai mendapatkan orgasme. Lalu, jika perempuan biasanya memasukkan benda-benda ke dalam liang vaginanya. Walau mendapatkan rasa nikmat, tapi masturbasi tidak baik dilakukan secara terus-menerus. Sebab, bagaimanapun juga kenikmatan yang diperoleh dari masturbasi tidak sama seperti saat melakukan hubuhgan intim yang sesungguhnya.

Berbicara tentang masturbasi, pernahkah Anda mendengar sebuah rumor yang mengatakan jika terlalu sering masturbasi bisa sebabkan HIV? Lantas, apakah hal tersebut benar?

Perlu diketahui sebelumnya, masturbasi secara terus-menerus memang tidak baik. Selain membuat gairah seksual menurun, masturbasi juga bisa mengganggu mental seseorang. Lantas, jika ada yang mengatakan bahwa masturbasi bisa sebabkan HIV adalah sebuah rumor yang tidak benar. Bagaimanapun juga, HIV bisa ditularkan dengan kontak langsung, misalnya Anda melakukan hubungan seksual dengan penderita HIV. Selain itu, HIV juga bisa karena menggunakan satu benda bersama dengan penderita HIV.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Walau tidak benar, tapi rumor tersebut bisa saja terjadi jika Anda menggunakan vibrator atau alat masturbasi secara bergantian dengan penderita HIV. Maka ada baiknya, jangan pernah membagi atau meminjam alat masturbasi kepada orang lain. Sebab, virus ini merupakan virus jahat yang sulit dibunuh. Jadi saat sudah menempel pada suatu benda, maka sangat sulit dihilangkan walau Anda telah mencucinya secara bersih.

Tapi jika Anda melakukan masturbasi seorang diri dengan alat sendiri, maka rumor tersebut hanyalah sebatas rumor yang tidak benar faktanya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi