Terbit: 16 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Buah blueberry yang asalnya dari Amerika Utara ini umumnya kita jumpai dalam bentuk olahan makanan seperti selai yang digunakan sebagai topping roti atau kue atau sebagai pilihan rasa pada minuman. Buah ini khas dengan warnanya yang ungu gelap dengan bentuk yang mirip anggur.

Sering Makan Olahan Blueberry? Ini Dia Manfaatnya!

Berdasarkan penelitian Tufts University dan Miane University buah blueberry memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Kandungan vitamin dan mineral buah blueberry dapat melawan berbagai penyakit seperti kanker dan penyakit jantung. Selain itu, keunggulan utama buah blueberry adalah karena warnanya yang ungu gelap. Zat pemberi warna ungu gelap pada blueberry memberikan manfaat lebih karena meningkatkan kandungan antioksidan pada blueberry. Hal ini sangat bermanfaat bagi tubuh karena antioksidan berperan melawan zat-zat yang mampu menyebabkan kanker yaitu radikal bebas. Semakin tinggi kandungan antioksidan pada buah maka semakin tinggi pula kemampuannya dalam melawan kanker.

Pada buah blueberry juga terdapat kandungan zat phytonutrient yang mampu mencegah penuaan dini serta meningkatkan kemampuan ingatan jangka pendek hingga meningkatkan kemampuan motorik tubuh. Selain itu blueberry dapat melancarkan aliran darah sehingga asupan energi tetap terjaga. Hal ini akan meningkatkan fungsi otak kita dalam hal konsentrasi, menjaga mood dan yang paling penting adalah mencegah terjadinya pengerasan dinding arteri yang mampu mencegah terjadinya penyakit jantung. Manfaat ini semakin didukung dengan adanya kandungan zat nitrioksida yang juga membuat dinding arteri tetap fleksibel sehingga kemampuan jantung akan terjaga.

Meskipun buah blueberry masih belum mudah kita peroleh, namun kita tetap dapat merasakan manfaatnya melalui berbagai olahan makanan dan minuman yang kini mulai marak diproduksi disekitar kita. Jadi jangan ragu untuk memilih blueberry ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi