Sering Keluar Keringat? Jangan-Jangan Anda Mengalami Hal ini!

sering-berkeringat-doktersehat
photo credit : pexels.coom

DokterSehat.Com– Berkeringat adalah hal yang wajar terjadi bagi setiap orang. Biasanya, keringat akan keluar jika seseorang melaukan aktivitas yang mengeluarkan energi, misalnya berolahraga. Semakin banyak keringat yang keluar saat olahraga, maka semakin baik. Itu menandakan telah banyak kalori yang terbakar dan juga telah banyak racun yang dikeluarkan.

Namun, apa jadinya jika seseorang sering berkeringat tanpa melakukan kegiatan apapun? Hal ini sering menjadi sebuah pertanyaan besar bagi yang mengalaminya. Sebab, kondisi ini terbilang tak normal. Tanpa melakukan apapun mengapa keringat bisa keluar. Bahkan, parahnya lagi jika keringat itu keluar secara terus-menerus dengan cukup deras.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah indikasi yang terjadi jika Anda selalu mengeluarkan keringat:

1. Kelebihan Tiroid

Di dalam tubuh seseorang, ada sebuah hormon yang bernama tiroid. Hormon ini berfungsi sebagai pengontrol metabolisme tubuh. Normalnya, hormon ini akan memproduksi keringat ketika terjadi gerakan pada fisik. Namun, jika jumlah hormon tiroid berlebih, maka seseorang akan lebih sering mengeluarkan keringat walau sedang diam sekalipun.

2. Faktor Psikologis

Faktor psikologis adalah salah satu penyebab keringat bermunculan terus-menerus. Hal ini terjadi ketika seseorang sedang mengalami stres, cemas, khawatir, serta ketakutan yang mendalam. Maka tak heran, biasanya orang yang mengalami beberapa masalah psikologis tersebut biasanya muncul keringat yang tak terduga. Awalnya, keringat akan muncul di dahi, selanjutnya bisa pada dada dan punggung.

3. Gejala Jantung

Ini adalah yang harus Anda waspadai. Sebab, telah banyak yang mengatakan bahwa keringat berlebihan termasuk indikasi dari gejala serangan jantung. Keringat itu biasanya muncul pada telapak tangan, telapak kaki, atau bagian tubuh lainnya. Untuk memastikan, sebaiknya Anda segera pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.