Terbit: 22 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Selain diet dengan cara menjaga asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh, olahraga juga diyakini mampu menurunkan berat badan secara efektif. Apalagi jika keduanya dilakukan secara bersamaan, yakni diet dan olahraga, maka akan mendapatkan hasil yang maksimal dan tentu saja lebih cepat. Tak heran jika banyak wanita yang mencoba menurunkan berat badan dengan cara diet dan olahraga secara teratur.

Sering Hirup 4 Aromaterapi ini Bisa Menurunkan Berat Badan

Namun, baru-baru ini sebuah penelitian menemukan cara alternatif lain yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan selain dengan cara diet dan olahraga, yakni dengan cara menghirup minyak aromaterapi. Seperti yang Anda ketahui bahwa minyak aromaterapi bermanfaat untuk merileksasikan pikiran agar lebih tenang, serta dapat menghilangkan rasa lelah dan jenuh akibat aktivitas yang sangat padat.

Menurut peneletian tersebut, minyak aromaterapi dapat mengaktifkan sel otak yang membantu untuk memperbaiki suasana hati, menurunkan tingkat stres, serta menekan rasa lapar yang muncul.

Minyak aromaterapi memiliki berbagai macam varian yang bisa ditentukan dari wanginya. Berikut adalah 4 macam minyak aromaterapi yang bisa Anda gunakan untuk menurunkan berat badan.

1. Jahe

Seperti yang Anda ketahui bahwa jahe dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaaan serta mengurangi retensi lemak dalam tubuh. Kandungan gingerol yang merupakan senyawa aktif memiliki peran penting untuk membilas racun dalam tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

2. Melati

Bunga yang memiliki wangi cukup khas ini banyak diolah menjadi minyak aromaterapi. Minyak aroma terapi yang terbuat dari melati juga bisa membantu menurunkan berat badan, karena dengan menghirup aromanya dapat meningkatkan rasa kenyang dan menekan rasa lapar, sehingga membuat Anda enggan untuk menyantap cemilan.

3. Lemon

Tidak dapat dipungkiri lagi jika lemon merupakan salah satu buah yang memang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain bisa digunakan sebagai campuran pada infused water, lemon juga bisa dijadikan sebagai minyak aromaterapi. Menghirup aroma lemon dipercaya mampu menekan nafsu makan, meningkatkan mood, dan memperbaiki metabolisme dalam tubuh. Tidak haya itu, kandungan limonene dalam minyak aromaterapi lemon merupakan senyawa aktif yang membantu memecah lemak dalam tubuh yang bisa Anda aplikasikan dengan cara memijatnya ke seluruh bagian tubuh yang berlemak.

4. Kayu Manis

Kayu manis merupakan salah satu bumbu dapur yang biasanya digunakan untuk menambah rasa manis secara alami pada makanan atau minuman. Menghirup minya aromaterapi kayu manis akan membantu mengekang keinginan untuk mengonsumsi makanan manis. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa makanan manis dapat memicu terjadinya kenaikan berat bada. Kandungan senyawa polifenol yang terdapat di dalam kayu manis mampu mencegah akumulasi lemak dalam tubuh yang membantu dalam melawan obesitas.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi