Terbit: 28 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Wanita menggunakan pembalut dengan berbagai jenis dan ukuran saat sedang menstruasi atau haid. Dengan menggunakan pembalut, darah yang keluar dari vagina bisa segera diserap dengan cepat dan area vagina tidak akan jadi lembap dan juga kotor. Pembalut juga membuat cairan menstruasi tidak meluber ke mana-mana dan tembus ke celana dalam.

Sering Gatal Saat Haid, Bisa Jadi Anda Terkena Alergi Pembalut

Penggunaan pembalut memang membuat wanita lebih nyaman dalam beraktivitas. Sayangnya memakai pembalut kadang membuat vagina jadi gatal. Sebenarnya apa yang sedang terjadi pada vagina?

Alergi dengan pembalut

Pembalut yang beredar di pasaran ada yang terbuat dari bahan alami dan ada juga uang terbuat dari bahan kimia yang berbahaya. Pembalut dengan bahan kimia biasanya yang paling sering menyebabkan wanita mengalami iritasi pada area dari vagina. Akibat iritasi ini wanita jadi sering mengalami gatal dan juga perih.

Rasa gatal yang muncul ini juga merupakan tanda dari alergi terhadap bahan dari pembalut. Tanda lain dari alergi yang  sering muncul adalah keputihan yang cukup parah pembengkakan vagina, hingga muncul ruam yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman.

Cara mengatasi alergi pembalut

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi alergi yang disebabkan oleh pembalut. Lakukan beberapa hal di bawah ini.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

  • Gunakan pembalut yang aman dan terbuat dari bahan yang tidak berbahaya. Jangan menggunakan merek yang sama kalu menyebabkan rasa gatal yang terus-menerus.
  • Ganti pembalut secara rutin, paling tidak setiap 4-6 jam sekali.
  • Selalu bersihkan vagina setiap mengganti pembalut. Jangan gunakan sabun tertentu karena bisa mengganggu flora normal yang ada di dalam vagina.
  • Gunakan menstrual cup kalau memang tidak ingin menggunakan pembalut kembali.

Nah, selama ini adakah masalah dengan pembalut yang Anda untuk menyerap darah menstruasi?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi