Terbit: 4 Juni 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Mengonsumsi cemilan yang bikin gemuk memang nikmat, namun jika tidak dibatasi dampaknya akan sangat tidak baik bagi kesehatan diri Anda. Lantas, apa saja macam-macam cemilan yang sebaiknya Anda hindari atau batasi konsumsinya agar berat badan tidak melonjak drastis? Simak informasinya berikut ini!

cemilan-yang-bikin-gemuk-doktersehat

Cemilan yang Bikin Gemuk dan Sering Dikonsumsi

Ngemil adalah kegiatan yang nampaknya semua orang pasti suka. Selain untuk mengisi perut yang kosong, ngemil bagi sebagian orang (mungkin termasuk Anda salah satunya) juga bisa mengusir rasa bosan. Akan tetapi, mengonsumsi sejumlah cemilan berikut dalam jumlah yang berlebihan tidak disarankan jika Anda tidak ingin berat badan bertambah melebihi batas ideal.

Berikut adalah macam-macam cemilan yang bikin gemuk yang sering dikonsumsi:

1. Gorengan

Di tempat pertama dari daftar cemilan yang bikin gemuk adalah gorengan. Ya, siapa yang tidak kenal dengan jenis cemilan yang satu ini? Mengonsumsi gorengan memberikan kesenangan tersendiri, terutama jika dikonsumsi di waktu-waktu tertentu seperti saat hujan atau berbuka puasa.

Sayangnya, mengonsumsi aneka gorengan seperti pisang goreng, tahu goreng, dan lainnya dalam jumlah yang berlebihan tidak senikmat rasanya. Gorengan yang dikonsumsi dalam jumlah melebihi batas dapat membuat Anda gemuk. Ini karena gorengan dimasak menggunakan minyak yang mengandung lemak jenuh. Tak hanya gemuk, kadar kolesterol ‘jahat’ di dalam tubuh pun ikut mengalami peningkatan yang mana hal ini bisa berbahaya karena dapat memicu penyakit jantung.

2. Roti Pakai Mentega

Selain gorengan, roti adalah jenis cemilan lainnya yang umum kita konsumsi. Nah, biasanya kita mengonsumsi roti yang diolesi dengan mentega. Enak? Tentu saja. Akan tetapi, kombinasi roti dan mentega ini bisa bikin Anda gemuk jika dikonsumsi secara berlebihan.

Pasalnya, roti mengandung karbohidrat, sedangkan mentega mengandung lemak. Tidak masalah jika saat ini Anda memang sedang dalam program penggemukan badan. Beda cerita jika yang terjadi sebaliknya, yakni Anda sedang berusaha mengontrol berat badan agar tidak berlebihan. Mengonsumsi roti pakai mentega memang masih diperbolehkan dan sah-sah saja, namun sebaiknya dibatasi, ya.

3. Buah Kering

Buah kering masuk ke dalam daftar cemilan yang bikin gemuk oleh karena kandungan kalorinya yan terbilang tinggi. Sekalipun buah kering adalah jenis cemilan sehat karena mengandung antioksidan dan mikronutrien, sebaiknya Anda tetap harus membatasi konsumsinya, terlebih jika saat ini Anda sedang dalam program penurunan berat badan.

Sementara bagi Anda yang memang ingin menambah berat badan, mengonsumsi buah kering sebagai cemilan di pagi maupun sore hari dianjurkan agar berat badan bisa lebih cepat bertambah.

4. Es Krim

Es krim juga menjadi salah satu cemilan favorit. Sayangnya, cemilan ini membuat Anda cepat gemuk sehingga konsumsinya perlu dibatasi jika ingin berat badan tetap terjaga. Seperti yang kita ketahui, es krim terbuat dari susu dan gula. Nah, kedua bahan inilah yang menjadi alasan mengapa makanan dingin tersebut mudah membuat berat badan bertambah.

Bukan berarti Anda tidak boleh makan es krim, hanya saja seperti yang sudah disebutkan tadi, batasi konsumsinya.

5. Keju

Keju, apalagi keju jenis mozzarella, tentu sangat lezat. Bisa dibayangkan bagaimana kelezatannya saat makanan ini menyentuh lidah Anda, bukan? Sayangnya, keju juga merupakan cemilan yang bikin gemuk. Pasalnya, satu ons keju mengandung sekitar 113 kalori, 6 gram lemak jenuh, dan 3 gram lemak tak jenuh.

Oleh sebab itu, sebaiknya jangan mengonsumsi keju terlalu banyak agar badan Anda tidak cepat gemuk. Akan tetapi, Anda yang sedang berjuang menaikkan berat badan tentu bisa mengonsumsi keju dengan porsi yang lebih banyak agar berat badan cepat naik.

Baca Juga: 26 Macam Makanan yang Bisa Bikin Gemuk

6. Dark Chocolate

Satu ons dark chocolate memiliki jumlah kalori sebanyak 155 kalori, 5 gram lemak jenuh, dan 4 gram lemak tidak jenuh. Ini menjadikannya sebagai jenis cemilan yang mudah membuat berat badan naik.

Akan tetapi, cokelat hitam juga memiliki dampak positifnya sendiri bagi tubuh. Ya, cemilan ini mengandung sejumlah zat penting yaitu:

  • Serat
  • Magnesium
  • Antioksidan

Oleh sebab itu, Anda sebenarnya sah-sah saja untuk ngemil cokelat hitam, selama konsumsinya dibatasi agar badan tidak mudah gemuk. Kecuali, Anda memang sedang ingin menaikkan berat badan.

7. Donat

Bila Anda ingin cepat gemuk, maka sering-seringlah mengonsumsi kue seperti kue donat. Kombinasi antara adonan tepung yang mengandung karbohidrat, gula, susu, mentega, dan dressing seperti coklat, karamel, dan lain-lain sudah pasti menjadikan cemilan berbentuk lingkaran dengan lubang di tengahnya ini penuh dengan kandungan kalori.

Sebaliknya, Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan disarankan untuk menghindari, atau setidaknya membatasi, konsumsi makanan yang satu ini. Jika tidak, jangan harap berat badan bisa turun dengan cepat.

8. Popcorn

Cemilan yang biasa kita konsumsi sambil menonton film di bioskop ini ternyata juga bisa bikin cepat gemuk, lho. Ya, berondong jagung atau yang lebih kita kenal dengan nama popcorn ini mengandung lemak trans yang tentunya bisa membuat berat badan bertambah jika dikonsumsi secara berlebihan.

Celakanya, lemak trans yang terkandung pada popcorn jika dikonsumsi melebihi batas wajar dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit di masa mendatang, yakni penyakit jantung! Jadi, sebaiknya batasi konsumsi cemilan yang satu ini, ya!

Baca Juga: 10 Manfaat Ngemil bagi Kesehatan Tubuh

Mengapa Makan Cemilan Bisa Bikin Gemuk?

Mengonsumsi cemilan memang dapat meningkatkan berat badan dengan cukup drastis.

Menurut sebuah penelitian, hal ini dimungkinkan karena ngemil (apalagi jika yang dikonsumsi adalah makanan-makanan di atas) membuat asupan kalori ke dalam tubuh melebihi batas. Pun demikian dengan zat-zat terkait lainnya seperti karbohidrat dan lemak trans seperti yang terdapat di dalam gorengan.

Oleh sebab itu, sebaiknnya kurangi frekuensi maupun porsi Anda ketika hendak mengonsumsi cemilan-cemilan di atas. Selain untuk menjaga berat badan, ini juga agar Anda terhindar dari penyakit-penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung.

Cara Mengonsumsi Cemilan yang Sehat

Ngemil adalah kebiasaan yang bermanfaat, apabila Anda menerapkan cara-cara berikut ini:

1. Batasi Jumlahnya

Idealnya, Anda mengonsumsi jenis cemilan yang kandungan kalorinya berada di bawah 200 kkal dan mengandung sekitar 10 gram protein. Takaran ini cukup untuk membuat perut Anda kenyang sampai jadwal makan berikutnya.

2. Batasi Frekuensinya

Membatasi frekuensi ngemil juga menjadi cara membuat aktivitas yang satu ini menyehatkan. Apabila Anda termasuk orang yang aktif, disarankan untuk ngemil sebanyak 1-2 kali per hari. Sementara bagi Anda yang tidak terlalu aktif bergerak, sebaiknya cukup ngemil 1 kali dalam sehari.

3. Pilih Jenis Cemilan yang Tepat

Ada berbagai jenis cemilan yang tergolong sehat dan tidak bikin cepat gemuk seperti gandum, sayur, dan buah-buahan. Selagi memungkinkan, konsumsilah makanan-makanan tersebut.

4. Hindari Cemilan Tidak Sehat

Cemilan-cemilan seperti gorengan sudah semestinya dihindari konsumsinya. Sesekali mengonsumsinya memang tak apa, namun jika ada pilihan cemilan yang lebih sehat, sebaiknya pilihlah cemilan sehat itu ketimbang gorengan tersebut.

 

  1. Magee, Elaine. Best and Worst Snacks in Your Supermarket. https://www.webmd.com/food-recipes/features/best-and-worst-snacks#1 (Diakses pada 4 Juni 2020)
  2. Mawer, R. 2018. The 18 Best Healthy Foods to Gain Weight Fast. https://www.healthline.com/nutrition/18-foods-to-gain-weight#section9 (Diakses pada 4 Juni 2020)
  3. Spritzler, F. 2019. Is Snacking Good or Bad for You? https://www.healthline.com/nutrition/snacking-good-or-bad#hunger (Diakses pada 4 Juni 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi