Terbit: 22 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengonsumsi salad? Ya, salad telah menjadi salah satu olahan makanan sehat yang cukup mudah kita peroleh. Namun tidak semua salad yang kita konsumsi pasti sehat lo. Ternyata ada beberapa hal yang cukup sering kita lakukan sehingga membuat salad menjadi tidak sehat.

Sering Dilakukan, Ini 4 Hal Yang Membuat Salad Tidak Sehat

Dietitidan dari WebMD, Kathleen Zelman menyebutkan bahwa kesalahan dalam membuat salad dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu pilihan bahan baku salad, metode pemasakan serta penggunaan saus yang tidak tepat.

Untuk itu kita perlu mengetahui apa saja hal yang membuat salad menjadi tidak sehat, yaitu:

1. Memilih dressing tinggi kalori, lemak dan sodium

Menggunakan dressing dari keju atau mayones yang tinggi kandungan lemak dan sodium tentu bukan menjadi pilihan yang tepat untuk membuat salad sehat. Menambahkan terlalu banyak garam juga tidak dianjurkan ya. Gunakan dressing dari mayones rendah atau bebas lemak untuk mendukung pembuatan salad yang sehat.

2. Tidak menambahkan minyak nabati

Kita tentu sering mendengar bahwa salad sebaiknya ditambahkan minyak dari kacang atau biji-bijian ya. Hal ini ternyata sangat baik untuk tubuh karena akan meningkatkan asupan vitamin A, D, E, K serta antioksidan dari minyak nabati. Jadi dressing yang sehat bukan berarti yang bebas lemak ya, penggunaan minyak nabati malah justru dianjurkan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Menggunakan daging yang diolah dengan metode tinggi lemak

Apakah Anda sering menggunakan ayam kulit tepung sebagai bahan baku salad? Meskipun memang lezat dan gurih, namun olahan tersebut digoreng dengan metode deep frying. Sehingga hal ini justru meningkatkan asupan kalori dan lemak tubuh. Hal ini juga berlaku pada penggunaan bahan makanan lain, misalnya koloke atau telur goreng ya.

4. Salad dengan tambahan buah kering

Umumnya buah kering tinggi akan gula dan rendah kandungan cairannya. Hal ini kurang mendukung pembuatan salad yang sehat. Sehingga kita sebaiknya tidak menggunakan buah kering untuk campuran bahan salad, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi