Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda sedang melakukan diet saat ini? Melakukan diet memang harus konsisten agar tujuan diet tercapai ya. Selama melakukan diet memang banyak informasi yang kerap disebut mampu mendukung diet, namun nyatanya ada beberapa hal yang kerap dihindari justru malah baik untuk diet lho. Apa sajakah?

Sering Dihindari, 3 Hal Ini Justru Sebaiknya Dilakukan Saat Diet

Dalam diet penurunan berat badan, para pakar kesehatan menganjurkan agar diet dilakukan secara bertahap. Hal ini bertujuan untuk mendukung kesehatan dan hasil diet yang dapat dipertahankan. Sehingga berat badan tidak akan kembali naik.

Untuk itu, penerapan diet haruslah yang dapat dilakukan dalam jangka waktu lama ya. Beberapa hal yang kerap dilakukan dibawah ini sebaiknya dihindari saat diet, karena akan sulit diterapkan dalam jangka waktu lama:

1. Melewatkan waktu makan

Melewatkan waktu makan bukanlah hal yang tepat dilakukan saat diet. Kita dianjurkan untuk makan teratur karena hal ini justru akan mengontrol rasa lapar apalagi jika kita bisa menjadwalkan makanan apa yang sebaiknya kita konsumsi dalam satu hari.

Yang penting diperhatikan adalah porsi saat makan utama dan camilan serta pemilihan makanan yang rendah kalori dan lemak, ya.

2. Tidak mengonsumsi makanan kesukaan

Siapa bilang sih diet tidak boleh mengonsumsi makanan kesukaan? Mengonsumsi makanan kesukaan bisa memberikan perasaan nyaman dan tidak tertekan saat diet. Hal ini sangat boleh dilakukan, hanya saja selalu perhatikan porsi sesuai kebutuhan tubuh.

Serta, jika makanan kesukaan Anda termasuk makanan yang tinggi kalori dan lemak, usahakan pilih metode lebih sehatnya ya. Misalnya dengan memilih lumpia basah ketimbang lumpia kering atau memilih donat topping selai kacang dibanding donat topping cokelat manis.

3. Mengonsumsi makanan tanpa rasa

Diet kerap dianggap sesuatu yang menyiksa, bahkan banyak orang beranggapan diet berarti harus makan makanan yang tidak enak. Padahal penggunaan bumbu alami seperti bubuk bawang putih, tomat segar, lada atau cabai boleh-boleh saja dikonsumsi lho. Hal ini akan meningkatkan citarasa makanan, sehingga saat diet kita tetap bisa makan enak, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi