Sering Dianggap Sehat, 4 Makanan Ini Justru Tidak Dianjurkan

minum-kopi-coffee-doktersehat

DokterSehat.Com– Anda tentu sering mendengar ada cukup banyak manfaat cokelat, kopi atau suplemen, kan? Makanan tersebut tentu cukup mudah kita peroleh dan sering kita konsumsi. Meski terbukti bermanfaat, sayangnya cokelat, kopi atau suplemen tertentu justru tidak dianjurkan untuk kesehatan.

Nutrition Australia
dan Heart Foundation menyebutkan bahwa proses pengolahan dan jumlah konsumsi bahan makanan tertentu bisa menyebabkan bahan makanan tersebut berkurang manfaatnya untuk kesehatan.

Maka dari itu, Heart Foundation menyebutkan ada empat bahan makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi jika tujuannya adalah untuk mencegah penyakit, utamanya penyakit jantung, yaitu:

1. Minuman beralkohol atau wine

Tentu sering kita mendengar bahwa minuman beralkohol memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Namun tentu jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. National Health and Medical Research Council menyebutkan bahwa konsumsi minuman beralkohol berlebihan justru dapat mengganggu kesehatan jantung.

2. Suplemen antioksidan

Vitamin C dan E menjadi salah satu jenis vitamin yang kerap dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat antioksidannya. Sayangnya konsumsinya yang melebihi kebutuhan harian tubuh akan vitamin tersebut justru meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

3. Cokelat

Cokelat memang terbukti memiliki berbagai senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi proses pengolahan cokelat yang bertujuan untuk menghilangkan rasa manisnya justru mampu mengurangi kadar antioksidan yang ada pada cokelat. Untuk itu konsumsi cokelat manis berlebihan tidaklah tepat untuk mengurangi risiko penyakit.

4. Kopi

Konsumsi kopi berlebihan, lebih dari 2-3 kali dalam sehari tentu akan mengganggu tekanan darah. Konsumsi yang berlebihan akan mengganggu pola tidur hal ini yang disebut memengaruhi kesehatan tubuh secara umum.

Keempat makanan di atas tentu tetap boleh kita konsumsi, namun kita tidak dianjurkan mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan dan tidak dianjurkan menjadikannya sebagai makanan yang dapat mencegah penyakit.

Selama dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, makanan di atas tentu akan dapat bermanfaat untuk tubuh.