Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kulit yang kering merupakan salah satu penyebab hilangnya rasa percaya diri seseorang, khususnya wanita. Sebab, saat kulit mengering maka akan terlihat cukup buruk dan bisa merusak penampilan. Maka tak heran jika banyak wanita yang melakukan berbagai cara untuk menghindari kulit kering, salah satunya adalah dengan menggunakan pelembab.

Sering Alami Kulit Kering? 4 faktor Inilah Penyebabnya!

Photo Credit : pexels.com

Namun, kulit kering adalah sebuah kondisi yang terbilang wajar, apalagi bagi yang tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah karena tubuh sedang dehidrasi atau kekurangan cairan yang berarti setiap orang harus mengonsumsi air lebih banyak.

Nah, ternyata tidak hanya faktor dehidrasi, tapi kulit kering juga bisa disebabkan beberapa hal. Berikut faktanya.

1. Cuaca

Orang yang tinggal di wilayah beriklim tropis memang lebih sering mengalami kulit kering. Hal tersebut dikarenakan temperatur udara menjadi lebih hangat oleh paparan sinar matahari yang cukup kuat. Sehingga tak heran kalau orang yang berada di wilayah tropis sering berlindung di balik ruangan yang berisi pendingin. Padahal walaupun bersembunyi di ruangan pendingin sekalipun, sangat susah mencegah datangnya kulit kering.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

2. Bahan Kimia

Yang dimaksud bahan kimia adalah bahan-bahan yang biasanya digunakan oleh ibu rumah tangga. Ya, pekerjaan ibu rumah tangga memang selalu berhubungan dengan bahan kimia, seperti mencuci dan mengepel yang selalu kontak langsung dengan detergen yang bisa memicu datangnya kulit kering.

3. Berendam

Jika Anda gemar berenang atau berendam, pasti Anda pernah mengalami kondisi berbeda pada kulit Anda setelah selesai berendam. Biasanya, kulit akan menjadi kering saat selesai berendam atau pun berenang. Apalagi jika Anda berendam pada kolam yang mengandung banyak klorin di dalamnya.

4. Sel Mati

Selain faktor luar, ternyata kulit kering juga bisa disebabkan oleh faktor internal. Yaitu terjadinya penumpukan sel kulit mati yang cukup kasar dan kering. Hal tersebut akhirnya bisa menyebabkan sisik tebal yang mengakibatkan kulit kering.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi