DokterSehat.Com– Gangguan pencernaan merupakan sebuah masalah kesehatan yang ditandai dengan terganggunya seluruh sistem pencernaan di dalam tubuh. Biasanya, masalah kesehatan ini muncul dengan beberapa gejala seperti rasa nyeri, sensasi panas, serta rasa mulas yang tak tertahankan. Jika dibiarkan, maka masalah ini akan semakin berimbas dan menyebar ke seluruh tubuh. Pada titik parahnya, gangguan pencernaan bisa berujung pada rusaknya jaringan perut esophagus.

doktersehat-sakit-perut-wanita-mens-menstruasi-datang-bulan-stomachache-tipes-tifus

Maka dari itu, bagi Anda yang sering mengalami gangguan pencernaan, ada baiknya Anda segera mencari solusi untuk menyembuhkannya. Sebab, jika tidak cepat-cepat ditangani, maka kemungkinan-kemungkinan buruk tersebut akan menyerang tubuh Anda.

Berikut adalah 3 tips mengatasi gangguan pencernaan secara alami dan aman.

1. Perbanyak Serat

Tips ini adalah salah satu yang paling mudah dan dikatakan cukup ampuh untuk mengatasi gangguan pencernaan. Pasalnya, jika pencernaan Anda bermasalah, itu tandanya Anda kurang mengonsumsi serat. Sebab, serat adalah faktor utama yang bisa melancarkan pencernaan. Maka dari itu, biasakan untuk mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, serta kacang-kacangan untuk membantu usus besar bekerja dalam memproses makanan yang masuk.

2. Prebiotik dan Probiotik

Prebiotik adalah senyawa natural dalam makanan yang bisa berfungsi sebagai suplemen untuk meningkatkan pertumbuhan mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan. Sedangkan probiotik adalah mikroorganise yang bisa menyehatkan dan menguatkan usus Anda. Maka dari itu, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung dua senyawa ini. Makan tersebut bisa Anda dapatkan dari bawang putih, bawang merah, pisang, biji-bijian, susu, dan yoghurt.

3. Kurangi Gula

Hal ini adalah yang paling sering diabaikan oleh sebagian orang yang sering mengalami gangguan pencernaan. Pasalnya, makanan yang mengandung gula berlebih bisa mengganggu kinerja usus Anda. Semakin besar jumlah gula yang dikonsumsi, semakin parah pula imbasnya terhadap usus. Adapun makanan yang mengandung gula seperti permen, kue, dan minuman manis tersebut harus benar-benar Anda kurangi. Sebab, jika diteruskan seperti itu, maka sistem jaringan pada usus Anda tidak akan mampu bekerja normal kembali.