Terbit: 16 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Buah serikaya memang sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Meski demikian, mungkin hanya beberapa orang yang tahu bahwa buah ini ternyata bisa membantu menjaga kesehatan rambut Anda. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah serikaya untuk rambut Anda.

Manfaat Serikaya untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

1. Membantu mengatasi masalah kutu

Serbuk serikaya yang belum matang dapat membantu Anda menyingkirkan kutu. Campurkan serbuk ini dengan air atau minyak kelapa, kemudian oleskan pada kulit kepala. Diamkan selama 10 menit sebelum kemudian membilasnya dengan air.

2. Melembapkan rambut

Minyak biji serikaya bermanfaat untuk rambut yang kasar dan sulit diatur. Minyak ini akan menghidrasi dan melembapkan kulit kepala sehingga rambut menjadi bervolume, berkilau dan sehat. Vitamin A pada minyak biji buah serikaya akan menghidrasi rambut tanpa membuatnya lepek.

3. Mencegah tumbuhnya uban prematur

Buah serikaya juga berkontribusi pada pertumbuhan melanin serta mencegah rambut beruban prematur. Selain itu, buah ini juga akan menjaga warna rambut alami Anda.

4. Pengobatan alami untuk infeksi kulit kepala

Vitamin C dan antioksidan dalam buah serikaya membantu mengatur produksi sebum pada kulit kepala. Hal ini membuat rambut Anda bebas dari masalah ketombe dan kulit yang kering.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

5. Mendorong pertumbuhan rambut lebih baik

Buah serikaya mencegah terjadinya inflamasi kulit kepala dan rambut rontok. Buah ini juga membantu penyerapan nutrisi, menyediakan nutrisi untuk rambut. Tingginya zat besi pada serikaya meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, menstimulasi folikel untuk mendorong pertumbuhan rambut.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah serikaya untuk kesehatan rambut Anda. Yuk dicoba!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi