Lakukan Hal Ini Jika Serangga Masuk ke Telinga

Doktersehat-bahaya-mengorek-kuping-terlalu-dalam

DokterSehat.Com– Meskipun jarang terjadi, kita tentu pernah mendengar kasus serangga masuk ke dalam telinga. Yang menjadi masalah adalah, terkadang serangga yang masuk ini berukuran cukup besar seperti kecoa atau laba-laba sehingga bisa mengganggu pendengaran sekaligus membuat telinga terasa sangat tidak nyaman.

Dilansir dari World of Buzz, jika sampai kita mengalami hal ini, jangan sekalipun mencoba untuk memasukkan jari ke telinga karena bisa saja membuat serangga semakin masuk ke dalam dan membuat kerusakan parah pada organ telinga bagian dalam. Menurut dr. Mohd Shaiful Nizam dari Malaysia, kita harus tetap tenang meskipun serangga ini berusaha untuk bergerak dan memicu rasa sakit pada telinga kita.

Dr. Nizam juga menyarankan kita untuk tidak sekalipun memasukkan cotton bud ke dalam telinga karena dampaknya akan mirip jika kita memasukkan jari, yakni justru mendorong serangga ini semakin ke bagian dalam dan hal ini bisa saja memicu cedera pada gendang telinga.

Alih-alih memasukkan cotton bud atau jari, ada baiknya kita meneteskan minyak zaitun ke liang telinga. Minyak ini akan secara perlahan membunuh serangga tersebut sehingga serangga ini tidak akan merusak organ di dalam telinga.

Jika kita melihat adanya bagian tubuh serangga yang mulai keluar, cobalah untuk menarik serangga ini. Jika ada orang lain, mintalah untuk menariknya dengan memakai jari atau pinset. Jika hanya sendirian, ada baiknya kita memakai pinset dan melihatnya melalui cermin. Lakukan dengan hati-hati agar tubuh serangga tidak terbelah atau serangga justru berusaha untuk kembali masuk ke dalam liang telinga.

Jika serangga tak kunjung keluar. Segera kunjungi dokter untuk membantu proses pengeluaran serangga ini dengan lebih aman. Jika serangga mati dibiarkan di dalam telinga, dikhawatirkan hal ini bisa memicu infeksi yang sangat berbahaya.