Inilah 10 Ciri-Ciri Pecandu Narkoba

ciri-ciri-pengguna-narkoba-doktersehat

DokterSehat.Com– Perkembangan zaman membuat pergaulan orang menjadi semakin bebas. Jika kita tidak berhati-hati bergaul dengan orang lain, bisa jadi kita akan terjebak dalam pergaulan yang tidak sehat dan berbahaya bagi tubuh dan mental seperti penyalah gunaan obat terlarang. Nah, bila ingin menghindari lingkungan pecandu obat terlarang, bagaimana mengetahui ciri-ciri pengguna narkoba?

Mengetahui betapa berbahayanya dampak narkoba dan obat terlarang bagi kesehatan tubuh, ada baiknya kita waspada saat bertemu dengan orang baru. Berikut ini akan dijelaskan apa saja ciri-ciri pengguna narkoba yang perlu Anda ketahui.

Ciri-Ciri Pencandu Narkoba

Berikut adalah beberapa ciri-ciri pengguna narkoba atau pecandu narkoba yang bisa membuat kita lebih berhati-hati saat bergaul dengannya atau menghindarinya.

1. Pecandu kerap mengalami perubahan suasana hati

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ciri-ciri pengguna narkoba yang paling mudah diketahui adalah suasana hatinya yang sangat mudah berubah-ubah. Bisa jadi dalam suatu waktu, ia merasa sangat senang namun dalam waktu sekejap, emosinya berubah menjadi sangat buruk. Perubahan suasana hati dipengaruhi oleh efek narkoba yang ada dalam tubuhnya.

Baca juga: Jenis-Jenis Narkoba Paling Sering Ditemui di Indonesia

2. Depresi dan euphoria

Mereka yang baru saja menggunakan narkoba bisa saja mengalami euphoria, sensasi bahagia yang berlebihan untuk hal-hal yang sebenarnya biasa saja atau tidak masuk akal. Selain itu, ciri-ciri pengguna narkoba juga ada yang cenderung mengalami depresi sebagai efek penggunaan narkoba dan baru merasa senang setelah menggunakan obat terlarang ini. Selain itu, banyak pengguna narkoba yang mengalami kecemasan berlebihan jika belum mengonsumsi obat ini.

3. Perubahan penampilan

Cukup banyak pecandu narkoba yang mengalami perubahan fisik, ciri-ciri pengguna narkoba biasanya terlihat kurus, sulit untuk fokus, hidung yang terasa terus gatal, muka yang terlihat tirus, mata yang terlalu kering atau merah, pupil melebar, kerusakan gigi, penurunan berat badan yang signifikan, kulit pucat, rambut rontok, dan adanya luka yang tidak akan sembuh. Sementara bagi pengguna ganja, sebagian bahkan bisa menjadi lebih gemuk.

4. Mulai melakukan tindakan kriminal

Bagi mereka yang sudah menjadi pecandu narkoba, namun tak lagi punya uang untuk mendapatkannya, bisa jadi mereka menjadi lebih kasar dan melakukan tindakan kriminal seperti memaksa orang lain memberikan uang atau bahkan mencuri dan tindakan melawan hukum lainnya.

Baca juga: Probuphine, Mengatasi Ketergantungan Narkoba dengan Implan

5. Sering sakit

Penyalahgunaan narkoba merusak fungsi sistem kekebalan tubuh dan mengubah kimia tubuh dalam berbagai cara. Hal ini membuat pecandu narkoba lebih rentan terhadap pilek, flu, pneumonia, serangan alergi, infeksi bakteri, dan sejumlah penyakit atau penyakit potensial lainnya.

6. Kondisi kesehatan fisik kronis

Penyalahgunaan obat terlarang dalam jangka panjang pada pecandu narkoba dapat meningkatkan risiko untuk berbagai penyakit dan kondisi fisik, termasuk penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, kolesterol tinggi, penyakit hati atau ginjal, masalah pernapasan kronis, gangguan kulit, dan insomnia. Mereka yang menyuntikkan narkoba dan berbagi jarum berisiko tinggi untuk hepatitis dan HIV / AIDS.

7. Perasaan bersalah dan malu 

Ciri-ciri pengguna narkoba biasanya sering merasa sangat malu karena ketidakmampuan mereka untuk berhenti menggunakan narkoba, dan mereka juga merasa bersalah tentang rasa sakit yang disebabkan perilaku pecandu narkoba terhadap orang yang dicintai.

8. Halusinasi dan delusi

Ciri-ciri pengguna narkoba akan merasakan ketagihan yang ekstrem, orang-orang yang menyalahgunakan obat-obatan terlarang berulang kali mungkin mulai kehilangan kontak dengan kenyataan, sampai pada titik di mana tindakan medis segera diperlukan.

Baca juga: Waspada Flakka, Narkoba Jenis Baru yang Membuat Penggunanya Seperti Zombie

9. Impulsivitas

Berlalunya waktu pecandu narkoba dapat kehilangan penghambatan mereka dan menderita gangguan penilaian, yang menyebabkan mereka membuat keputusan yang terburu-buru dan dipertanyakan, yang mungkin tampak benar-benar keluar dari karakter.

10. Kemampuan menikmati kesenangan menurun

Obat-obatan terlarang bisa menghilangkan energi emosional, menyisakan sedikit ruang untuk kesenangan atau kesenangan jenis lain. Ciri-ciri pengguna narkoba ini akan tampak setelah penjadi pecandu narkoba.

Diagnosis dan Perawatan untuk Pecandu Narkoba

Setelah diagnosis kecanduan narkoba dilakukan oleh dokter atau spesialis kecanduan, perawatan harus dimulai secepat mungkin, karena penyalahgunaan narkoba dapat menciptakan krisis medis yang mengancam jiwa setiap saat pada pecandu narkoba.

Sementara program rawat jalan intensif untuk kecanduan tersedia, sebagian besar pecandu narkoba yang pulih paling baik dilayani dengan mendaftar dalam program rawat inap yang ditawarkan di rumah rehabilitasi kecanduan narkoba dengan pengalaman luas dalam.

Di bawah perawatan penuh dan ahli dari tim perawatan mereka, kebanyakan pecandu narkoba yang mulai pulih akan memulai proses penyembuhan dengan detoksifikasi medis, di mana ciri-ciri pengguna narkoba yang tampak dapat diatasi untuk mengurangi intensitas dan mencegah penyebab komplikasi kesehatan.

Perawatan aktual untuk kecanduan akan dimulai setelah detoksifikasi selesai, dan rejimen pemulihan akan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik setiap pasien. Sebagian besar program rumah rehabilitasi narkoba akan mencakup beberapa kombinasi psikoterapi (individu dan kelompok), terapi keluarga, pengobatan untuk perbaikan gejala, kelas keterampilan hidup, pelatihan metode penyembuhan holistik, dan inisiatif pengobatan tambahan untuk mengatasi gangguan mental yang terjadi bersamaan.

Setelah menyelesaikan rawat inap, pasien akan beralih ke program aftercare yang berfokus pada pemeliharaan ketenangan dan pencegahan kekambuhan, yang merupakan risiko yang harus dihadapi dan ditangani oleh semua pecandu narkkoba yang pulih jika mereka berharap tetap berada pada jalur yang berkelanjutan menuju kesejahteraan.

Kecanduan narkoba tidak harus menjalani hukuman seumur hidup, tetapi mudah jika pecandu tidak siap menghadapi tantangan yang sulit dan tanpa henti. Pemulihan dari kecanduan narkoba adalah proses jangka panjang, tetapi mereka yang bersedia menerima ketenangan satu hari pada suatu waktu memiliki peluang bagus untuk memulihkan kesehatan mereka dan mendapatkan kembali kendali atas nasib dan masa depan mereka.

Nah, itu dia ciri-ciri pengguna narkoba hingga diagnosis pecandu narkoba yang perlu diketahui, agar Anda terhindar dari pergaulan yang salah, Teman Sehat!