Seperti Apa Tanggapan Kemenkes Tentang Revolusi Putih yang Digagas Prabowo Subianto?

doktersehat-susu

DokterSehat.Com– Program Revolusi Putih digagas oleh Prabowo Subianto, Ketua Umum salah Partai Politik Gerindra. Melalui program ini, Prabowo meminta anak-anak di seluruh Indonesia untuk rajin minum susu agar semakin sehat dan cerdas. Lantas, apa pendapat Kementerian Kesehatan akan program ini?

Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyebutkan bahwa Kemenkes tidak dalam posisi setuju ataupun tidak setuju akan gagasan ini. Sementara itu, Oscar Primadi selaku Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes juga menganggap bahwa konsumsi susu memang sangat penting bagi kesehatan sebagaimana pentingnya makan ikan sebagaimana yang sebelumnya digagas oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Hanya saja, Oscar menyebutkan bahwa Kemenkes telah menyusun cukup banyak program strategis yang hingga kini masih berjalan dan telah mencakup apa yang dimaksudkan dalam program Revolusi Putih. Salah satunya adalah program penurunan angka prevalensi gizi buruk. Jika dalam program Revolusi Putih ditekankan tentang pentingnya asupan protein bagi anak, maka Kemenkes sudah melakukannya di program Konsumsi Gizi Seimbang.

Di tempat terpisah, Menteri Susi Pudjiastuti justru menyebutkan bahwa tak hanya minum susu sebagaimana yang didengungkan oleh program Revolusi Putih, Ia juga menekankan program “Susinisasi” yang berarti kampanye gerakan makan ikan nasional. Menurut Susi, minum susu memang menyediakan asupan gizi yang baik. Namun, hingga kini pasokan produksi minuman ini cenderung terbatas. Bahkan, kebanyakan susu yang beredar di Indonesia ternyata juga diimpor dari luar negeri. Tak hanya itu, susu dianggap memiliki harga yang tidak semurah ikan yang didapatkan langsung dari nelayan di dalam negeri.

Menurut Susi, mengkonsumsi ikan dengan lebih banyak tak hanya akan membuat prevalensi gizi nasional semakin membaik, namun juga akan meningkatkan perekonomian nasional.