Seperti Apa Manfaat Kesehatan Dari Susu Kuda?

DokterSehat.Com– Anda pasti pernah mendengar tentang susu kuda liar yang berasa dari Sumbawa bukan? Begitu populernya susu ini sehingga menjadi salah satu oleh-oleh khas jika kita pergi ke Nusa Tenggara. Susu kuda memang masih belum banyak dikonsumsi oleh masyarakat sebagaimana susu sapi atau susu dari bahan nabati layaknya almond atau kdelai. Namun, susu kuda ternyata sudah dikonsumsi sejak abad ke-19 lalu. Sebenarnya, seperti apa manfaat sehat dari susu kuda bagi kesehatan tubuh kita?

Kandungannya hampir setara dengan ASI
Susu kuda liar ternyata memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. Beberapa pakar bahkan mengklaim nutrisinya hampir menyerupai ASI, yakni kaya akan berbagai vitamin, asam lemak, protein, karnitin, riboflavin, niasin, hingga asam panthothenic. Zaman dahulu, cukup banyak rumah bersalin di Perancis yang memberikan susu kuda bagi bayi yang baru dilahirkan namun payudara ibunya belum mampu memproduks ASI. Hanya saja, sejak perang dunia ke II berakhir, konsumsi susu kuda ini cenderung menurun dengan signifikan.

Cocok bagi mereka yang alergi atau mengalami intoleransi laktosa pada susu
Susu kuda liar diyakini mampu mengatasi masalah pencernaan yang disebabkan oleh bakteri seperti diare atau bahkan infeksi usus karena adanya kandungan lusozyme dan lacroferrin yang mampu melawan bakteri jahat tersebut. Kandungan lysozyme mampu bertindak layaknya agen anti mikroba dan laktoberrin yang bersifat anti bakteri, anti oksidan, dan anti peradangan akan semakin memperkuat sistem pertahanan tubuh. Susu kuda pun akan mampu bertindak sebagai probiotik dan cenderung aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang alergi susu atau mengalami intoleransi laktosa.

Rendah kalori
Di dalam 100 gram susu kuda liar, kita akan menemukan 64 kalori, jauh lebih rendah 44 kalori dari yang ditemukan di susu sapi. Tak hanya itu, susu kuda memiliki lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dengan efektif.

Melihat adanya berbagai manfaat kesehatan ini, apakah anda tertarik untuk mencoba susu kuda?