Terbit: 29 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak orang yang tidak menyadari salah satu gejala dari diabetes, yakni sakit kepala. Padahal, menurut pakar kesehatan, diabetes bisa menyebabkan sensasi sakit kepala yang berbeda dari sakit kepala biasanya. Seperti apakah sakit kepala tersebut?

Seperti Apa Gejala Sakit Kepala yang Menandakan Diabetes?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa sebenarnya, tidak semua diabetesi akan mengalami gejala sakit kepala ini. Hanya saja, bagi mereka yang baru saja mengalami diabetes, maka sakit kepala akan muncul sebagai efek tubuh yang kesulitan untuk mengendalikan kadar gula darah. Bagi mereka yang sudah lama menderita diabetes, tubuh sudah terbiasa dengan kondisi kadar gula darah yang sulit untuk dikendalikan sehingga tidak mengalami gejala ini.

Perubahan kadar gula darah akan membuat tubuh mengalami perubahan hormon seperti epinephrine atau norepinephrine. Kondisi ini akan memicu penyempitan pembuluh darah yang ada dalam otak sehingga menyebabkan sakit kepala.

Salah satu jenis sakit kepala yang menandakan diabetes adalah yang terkait dengan hiperglikemia atau kondisi kadar gula darah yang lebih tinggi dari 200 mg/dL. Kadangkala sakit kepala tidak muncul hingga beberapa hari setelah kenaikan kadar gula darah meskipun gejala lain seperti tubuh yang mudah lelah, pandangan kabur, dehidrasi, dan luka yang sulit untuk disembuhkan sudah muncul.

Sementara itu, jenis sakit kepala yang menandakan diabetes lainnya adalah yang terkait dengan hipoglikemia atau saat kadar gula darah lebih rendah dari 70 mg/dL. Sakit kepala ini bisa muncul mendadak dengan diiringi gejala lain seperti keringat yang muncul berlebihan, terus merasa lapar, mual-mual, tubuh terasa lemah, dan mudah marah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Sakit kepala lainnya yang terkait dengan diabetes adalah yang terkait dengan neuropati atau terjadinya kerusakan pada saraf akibat tingginya kadar gula dalam darah. Sakit kepala ini biasanya mirip dengan migrain. Sementara itu, sakit kepala glaukoma disebabkan oleh tekanan pada mata yang meningkat drastis akibat fluktuatifnya kadar gula dalam darah yang biasanya memiliki gejala seperti rasa nyeri pada bagian belakang atau atas mata.

Jangan sepelekan sakit kepala ya? Jika kerap muncul dan diiringi dengan gejala-gejala ini, bisa jadi penyebabnya adalah diabetes.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi