Terbit: 5 Desember 2019 | Diperbarui: 6 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak orang yang menyalahkan cuaca sebagai penyebab flu yang mereka derita. Padahal, sebenarnya flu lebih sering terjadi karena kebiasaan sepele yang kerap kita lakukan seperti berikut ini.

Sepele dan Kerap Dilakukan, Kebiasaan Ini Menjadi Penyebab Kita Mudah Terserang Flu

Tidak mencuci tangan dengan benar
Masih banyak orang yang malas mencuci tangan meskipun mereka baru keluar dari toilet, akan makan, atau baru saja masuk ke dalam rumah setelah beraktifitas di luar. Bahkan, ada yang hanya mencuci tangan dengan air saja tanpa sabun. Pakar kesehatan Carolyn Forte yang berasal dari Good Housekeeping Institute Cleaning Lab menyarankan kita untuk mencuci tangan dengan memakai sabun dan tidak melupakan bagian ibu jari yang kerap menyentuh benda-benda di berbagai tempat.

Meletakkan tas sembarangan
Tanpa kita sadari, kita bisa saja meletakkan tas di lantai, di tanah, dan kemudian dengan enteng meletakannya di kursi atau kasur. Hal ini membuat tas rentan terpapar bakteri yang bisa saja memicu datangnya flu.

Masih memakai sepatu di dalam rumah
Alas sepatu yang sudah dipakai untuk menginjak berbagai hal dan membawa berbagai kotoran dan bakteri bisa saja menjadi penyebab masuknya flu di dalam rumah kita.

Meletakkan sikat gigi berdekatan
Kita seringkali meletakkan sikat gigi di dalam satu wadah yang kecil sehingga sikat gigi bisa saling bersentuhan. Padahal, hal ini bisa membuat flu lebih mudah menular.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Tetap memainkan ponsel saat buang air besar
Kini semakin banyak orang yang memilih untuk memakai ponsel untuk menemani waktu buang air besar. Padahal, hal ini membuat ponsel yang kerap kita bawa kemana-mana, termasuk kasur atau kita pegang saat makan, terpapar bakteri dari kotoran saat BAB. Hal ini bisa membuat kita mudah jatuh sakit.

Malas mengganti sprei
Coba ingat-ingat kapan anda terakhir kali mengganti sprei? Pakar kesehatan menyarankan kita mengganti spresi setidaknya seminggu sekali dan paling lambat dua minggu sekali agar tidak mudah terkena penyakit, termasuk flu.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi