Tips Memilih Sepatu Bagi Penderita Diabetes

sepatu-olahraga-doktersehat

DokterSehat.Com– Bagi penderita diabetes, memilih sepatu atau kaus kaki bisa menjadi hal yang rumit. Sebagaimana saat memilih makanan, mereka harus pandai memilih sepatu dan kaus kaki yang tepat agar tidak mengalami komplikasi diabetes. Sebagaimana kita ketahui, penderita diabetes rentan mengalami luka yang tidak kunjung sembuh akibat dari tingginya kadar gula di dalam tubuh.

Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk memilih sepatu yang cenderung lebih dalam dan longgar. Berilah ruangan sekitar 0,6 hingga 1,2 cm diantara sepatu dan kaki sehingga bisa membuat kaki menjadi lebih nyaman dan tidak terasa terlalu ketat. Selain itu, pastikan untuk memilih sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki. Jika penderita diabetes baru saja pulih dari luka atau operasi, akan jauh lebih baik bagi mereka untuk tidak memilih alas kaki yang ujungnya terbuka kecuali memang direkomendasikan oleh dokter.

Tips lain yang perlu diperhatikan untuk memilih sepatu bagi penderita diabetes adalah sepatu ini harus ringan dan bahannya fleksibel seperti dari bahan kanvas. Sepatu juga sebaiknya memiliki tali sehingga bisa dikendorkan atau dikencangkan sesuai dengan kebutuhan. Bagian bantalan belakang sepatu ini harus kuat namun solnya harus empuk dan mampu menyerap keringat dengan baik.

Saat memilih kaus kaki, ada baiknya memilih kaus kaki yang nyaman, memiliki bahan yang lembut, hangat, dan tidak mudah lembab. Selain itu, jangan gunakan kaus kaki yang terlalu ketat demi mencegah gangguan sirkulasi peredaran darah di bagian kaki. Pastikan pula untuk tidak memilih kaus kaki yang memiliki hiasan atau jahitan yang mengganjal karena dikhawatirkan bisa saja menyebabkan datangnya luka pada kulit penderita diabetes.