11 Manfaat Senyum, Baik untuk Kondisi Psikis hingga Fisik

manfaat-senyum-doktersehat

Doktersehat.com – Memiliki tubuh yang sehat adalah impian banyak orang. Berbagai macam cara dilakukan untuk mewujudkannya, mulai dari memenuhi asupan-asupan yang bergizi hingga melakukan terapi-terapi khusus. Selain melakukan beberapa cara tersebut, tahukah Anda bahwa kondisi kesehatan yang prima juga bisa didapatkan dengan senyum? Berikut ini adalah manfaat senyum yang berguna bagi kesehatan.

Manfaat Senyum bagi Kesehatan

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat tersenyum, perlu Anda ketahui bahwa banyak orang melihat tersenyum hanya sebagai respon tidak sadar terhadap hal-hal yang membuat seseorang senang atau tertawa. Padahal, senyum adalah sebuah respon kesadaran yang dilakukan atas dasar kesadaran penuh.

Berikut adalah beberapa manfaat senyum jangka panjang dan jangka pendek yang berguna bagi kesehatan, di antaranya:

1. Meredakan stres

Manfaat senyum yang pertama adalah meredakan stres. Ketika sel-sel saraf dalam tubuh terasa tegang akibat beban pekerjaan atau hal-hal lainnya, tubuh menjadi stres dan mengeluarkan aura negatif. Dengan tersenyum maka Anda berusaha memberikan sinyal baik pada tubuh untuk meredakan sel-sel saraf yang tegang.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat senyum jangka panjang adalah membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Saat Anda tersenyum, sistem imun dalam tubuh akan melonjak tinggi yang membuat Anda lebih rileks. Manfaat tersenyum berikutnya adalah membuat tekanan darah lebih rendah dari biasanya, terutama jika senyum selama 1 menit.

3. Memperlambat munculnya keriput di wajah

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa senyum yang dilakukan secara tulus dapat mengangkat otot-otot wajah dan membuat seseorang tampak lebih muda dari usia aslinya.

Perlu Anda ketahui bahwa cemberut memerlukan usaha yang lebih keras dibandingkan dengan tersenyum. Keriput di kening menandakan seringnya orang tersebut marah dengan mengernyitkan dahi. Sedangkan bibir yang sering ditekuk ke bawah akan meninggalkan bekas keriput di garis bibir, pipi, dan dagu.

Cemberut membutuhkan otot yang lebih banyak ketimbang tersenyum. Saat cemberut ada 43 otot yang bekerja, sementara tersenyum hanya membutuhkan kerja 17 otot. Otot yang sering tegang saat cemberut bisa mempercepat munculnya keriput di wajah.

4. Menciptakan pikiran lebih positif

Jika suasana hati Anda sedang memburuk, salah satu cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan tersenyum. Meski senyuman hanya dilakukan sekali, hal itu bisa menciptakan perasaan yang lebih baik dari sebelumnya. Manfaat senyum ini bisa didapatkan karena dorongan hormon di dalam otak yang membuat pikiran menjadi positif.

5. Mengurangi rasa sakit

Saat Anda tersenyum, tubuh akan mengeluarkan serotonin, endorfin, dan dopamin untuk dapat mengurangi rasa sakit. Beberapa senyawa ini dapat mendorong Anda untuk selalu berpikiran positif dan bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai permasalahan tubuh seperti nyeri pada otot atau sakit kepala.

Manfaat senyum ini bisa didapatkan karena hormon endorfin bekerja untuk meminimalkan rasa nyeri yang ada pada tubuh.

6. Menjadi lebih kreatif

Sebuah studi mengungkapkan, seseorang yang mudah tersenyum akan lebih mampu mengatasi masalah secara komprehensif dan berpikir lebih kreatif daripada saat seseorang berpikir negatif. Manfaat senyum ini bisa didapatkan karena dopamin–neurotransmiter yang terlibat dalam proses belajar dan membuat keputusan–muncul karena seseorang lebih bahagia.

7. Menyehatkan paru-paru

Ketika Anda tersenyum yang dibarengi dengan tawa, paru-paru bisa mengembang dan menjadi terisi oksigen lebih banyak. Kondisi ini membuat paru-paru Anda memompa darah yang kaya akan oksigen, sehingga paru-paru lebih bersih dan sehat.

8. Menyehatkan jantung

Manfaat senyum yang berguna bagi kesehatan lainnya adalah kemapuannya untuk membuat jantung lebih sehat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa saat seseorang tertawa produksi oksigen di dalam peredaran darahnya akan meningkat. Hal ini diikuti dengan pelepasan endorfin yang berguna untuk menangkal pikiran negatif.

9. Menurunkan tekanan darah

Saat Anda tersenyum, hal itu akan mengaktifkan pesan saraf yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tersenyum mengaktifkan pelepasan neuropeptida yang bekerja melawan stres.

Neuropeptida adalah molekul kecil yang memungkinkan neuron berkomunikasi. Molekul memfasilitasi pengiriman pesan ke seluruh tubuh saat Anda bahagia, sedih, marah, tertekan, atau bersemangat.

Neurotransmiter seperti dopamin, endorfin, dan serotonin, semuanya dilepaskan ketika senyum menyinari wajah Anda. Tidak hanya merilekskan tubuh, hal ini juga dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah.

10. Menjaga kesehatan mental

Orang yang mudah tertawa dipercaya dapat menetralkan segala bentuk emosi negatif yang muncul di dalam kehidupan. Seseorang yang menggunakan humor untuk melawan stres cenderung menjadi pribadi yang lebih positif, sehingga membuatnya tidak merasa kesepian dan menjadi depresi.

11. Bisa lebih dipercaya

Manfaat senyum yang terakhir berguna bagi Anda yang sering berinteraksi dengan dengan banyak orang baru. Seseorang akan terlihat baik ketika tersenyum, bahkan ketika Anda tersenyum, orang-orang memperlakukan Anda secara berbeda dibanding wajah datar.

Manfaat tersenyum membuat Anda dipandang pribadi yang andal, tulus, dan santai. Sebuah penelitian mengungkapkan, melihat wajah yang menarik dan tersenyum akan mengaktifkan orbitofrontal cortex, wilayah di otak yang memproses sensorik. Ini menunjukkan bahwa ketika melihat seseorang tersenyum, Anda sebenarnya merasa dihargai.

Penelitian lain menemukan, baik pria maupun wanita lebih tertarik pada gambar orang yang melakukan kontak mata dan tersenyum daripada mereka yang tidak. Agar Anda lebih ingin dipercaya banyak orang, tanyakan pada diri sendiri sudahkah Anda tersenyum hari ini.

Selain itu, mereka yang tersenyum secara teratur juga tampak lebih percaya diri dibanding mereka yang sering mengernyitkan dahi, serta lebih mungkin untuk dipromosikan, dan lebih mungkin untuk didekati. Cobalah banyak tersenyum saat rapat atau pertemuan-pertemuan bisnis. Anda mungkin akan menemukan bahwa orang-orang bereaksi secara berbeda terhadap Anda.

Nah, itulah beberapa manfaat senyum yang berguna bagi kesehatan tubuh.