Ngeri, Sendok Nyangkut di Tenggorokan Selama Setahun!

tersedak-sendok-doktersehat
Photo Source: Daily Mail

DokterSehat.Com– Sebuah kasus yang sangat tidak biasa terjadi di Tiongkok. Jika biasanya kita tersedak oleh makanan atau benda-benda berukuran kecil, seorang pria berusia 26 tahun yang tidak diketahui namanya ini justru tersedak sendok! Lebih mengejutkan, sendok ini sudah tersangkut di tenggorokannya selama satu tahun. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Kasus ini terungkap setelah sang pria mengeluhkan sensasi sakit di dada dan memeriksakan kondisi kesehatannya ke rumah sakit. Dokter yang heran dengan keluhan ini langsung memeriksa sang pria dengan menggunakan sinar X. Tak disangka, hasil pemeriksaan justru menunjukkan bahwa di dalam tenggorokan sang pria terdapat sendok yang terbuat dari logam.

Dilansir dari Daily Mail, sang pria kemudian diinterogasi oleh dokter untuk mengetahui asal mula masuknya sendok di tenggorokannya. Ternyata, hal ini disebabkan oleh sang pria yang kalah taruhan saat sedang mabuk. Ia terpaksa harus menelan sendok sebagai hukumannya.

Selain melakukan pemeriksaan dengan sinar X, dokter dari sebuah rumah sakit yang ada di Urumqi, Xinjiang, Tiongkok ini juga melakukan endoskopi, prosedur memasukkan tabung plastik berukuran kecil berisi kamera ke dalam mulut dan saluran pencernaan. Dari pemeriksaan ini dipastikan bahwa sendok yang masuk di dalam tenggorokan sang pria berukuran 20,3 cm.

Sang pria kemudian menyebutkan bahwa dulu, ia bisa menelan sendok berbahan stainless steel dan kemudian mengeluarkannya kembali. Sendok ini biasanya dikaitkan terlebih dahulu dengan benang sehingga bisa ditarik keluar. Sayangnya, karena saat itu sedang mabuk, cara ini tidak bisa dilakukan.

Meski sempat merasa tidak nyaman selama satu tahun akibat adanya sendok di dalam tenggorokannya, sang pria memilih untuk membiarkannya begitu saja. Saat ia mulai merasakan nyeri dada dan kesulitan bernapas, barulah ia memutuskan untuk memeriksakan kondisi ini ke dokter.

“Saya sangat terkejut dengan kasus ini. Rongga tenggorokannya bahkan sudah terinfeksi,” ungkap dokter yang menangani sang pria, dr. Yu Xiwu.

Beruntung, operasi pengeluaran sendok yang dilakukan selama 2 jam berhasil dilakukan dengan lancar. Kini, sang pria pun berada dalam proses pemulihan.