Terbit: 10 Agustus 2018 | Diperbarui: 29 Desember 2019
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Wajah yang sehat dan cantik tidak bisa kita dapatkan dengan cuma-cuma. Perlu usaha dan cara merawat wajah yang tepat untuk mendapatkannya. Ada banyak sekali pilihan merawat wajah dari mulai yang harganya murah, hingga yang harganya selangit.

4 Manfaat Senam Wajah dan 5 Gerakan Mudah Senam Wajah

Meskipun begitu, ternyata masih ada cara merawat wajah yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan uang, lho. Salah satu caranya adalah dengan melakukan senam wajah secara rutin. Senam muka adalah gerakan-gerakan wajah dengan pola tertentu untuk melatih otot-otot wajah.

Manfaat Senam Wajah

Sebagai salah satu cara merawat wajah yang bisa Anda terapkan sehari-hari, senam wajah dipercaya memiliki banyak manfaat seperti berikut ini.

1. Mencegah Gejala Penuaan

Manfaat senam wajah yang pertama adalah untuk melatih otot wajah. Sama seperti otot tubuh lainnya, otot wajah juga membutuhkan latihan agar tetap terjaga kelenturannya. Otot wajah yang hilang kelenturan dan elastisitasnya, lama-kelamaan akan menunjukkan gejala penuaan.

Selain itu, kebiasaan seperti menggosok wajah terlalu kencang dan juga ke arah yang salah sering kali membuat bagian pipi jadi terlihat kendur. Senam wajah bisa menjadi cara merawat wajah yang tepat untuk menghadapi semua masalah tersebut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Otot wajah yang terus terlatih akan membuat wajah lebih kencang dan terjaga kelenturannya. Pipi yang tadinya terlihat kendur pun bisa terlihat lebih terisi dan terangkat, sehingga wajah pun terkesan lebih muda.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat senam wajah selanjutnya adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah di bagian wajah. Wajah yang terlihat pucat tentunya akan terlihat tidak segar dan terlihat lebih tua. Sirkulasi darah yang lebih lancar akan mengesankan kulit wajah yang lebih segar dan juga sehat.

3. Relaksasi Wajah dan Leher

Manfaat senam wajah yang ketiga adalah untuk relaksasi wajah dan leher. Anda mungkin pernah merasakan otot wajah tegang dan kaku. Kondisi ini tentunya akan membuat Anda tidak nyaman. Senam muka dapat membantu agar wajah dan leher Anda lebih rileks dan membuat Anda lebih nyaman.

4. Terapi Otot Wajah

Manfaat senam wajah yang keempat adalah sebagai terapi untuk mengaktifkan kembali otot wajah. Beberapa penyakit seperti bell’s palsy, stroke, atau trauma tertentu mungkin menyebabkan kelumpuhan pada otot-otot wajah. Senam muka bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk membuat otot wajah kembali aktif seperti semula.

Baca Juga : 4 Jenis Makanan yang Bisa Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Kekurangan Senam Wajah

Selain memiliki banyak manfaat, senam wajah juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari senam muka yang perlu Anda waspadai.

1. Otot Bekerja Terlalu Keras

Senam wajah yang dilakukan dengan cara yang salah dan intensitas terlalu tinggi bisa membuat otot jadi bekerja terlalu keras. Kesalahan ini bukannya membuat tujuan Anda yang ingin terlihat awet muda tercapai tapi justru sebaliknya. Senam muka yang dilakukan terlalu sering bisa mempercepat gejala penuaan karena otot jadi terlalu sering bergerak.

Sebaiknya lakukan senam wajah dengan porsi yang tepat agar otot Anda tidak bekerja terlalu keras. Selain itu, Anda juga harus melakukannya dalam keadaan rileks dan tidak tegang. JIka Anda melakukan senam wajah dalam keadaan wajah yang tidak rileks, maka kerja otot juga tidak akan maksimal dan justru bisa terjadi kram otot.

2. Tidak bisa membuat pipi tirus

Kekurangan senam wajah selanjutnya adalah tidak dapat membuat pipi tirus. Banyak orang yang melakukan senam ini dengan tujuan untuk mengubah bentuk wajah menjadi tirus, padahal hal ini hampir mustahil terjadi.

Senam muka memang memiliki manfaat untuk mengencangkan wajah, tetapi senam wajah tidak akan bisa mengubah bentuk wajah menjadi tirus.

Senam wajah hanya bisa mengencangkan bentuk pipi yang chubby agar tidak turun dan menggelambir, karena pipi yang turun bisa membuat kesan tua pada wajah Anda. Meskipun dengan pipi yang chubby, Anda juga masih bisa memiliki bentuk wajah yang menarik jika wajah Anda sehat dan terawat.

3. Tidak menghilangkan kerutan

Selain ingin meniruskan pipi, banyak juga orang yang memilih senam wajah sebagai cara merawat wajah untuk menghilangkan kerutan di wajah.

Senam muka memang bisa mengencangkan kulit dan mencegah timbulnya kerutan di wajah, tapi senam wajah tidak akan dapat sepenuhnya menghilangkan kerutan yang ada di wajah.

Kerutan di wajah Anda mungkin hanya akan sedikit tersamarkan. Meskipun kerutan di wajah tidak hilang sepenuhnya, tetapi kulit yang lebih kencang dan sehat berkat senam wajah tetap bisa membuat wajah Anda terkesan lebih muda.

Gerakan Senam Wajah

Gerakan senam wajah tentunya tidak boleh Anda lakukan sembarangan.

Melakukan gerakan senam wajah yang salah bisa membuat latihan Anda sia-sia atau bahkan bisa menyakiti otot wajah Anda. Ketika melakukan senam wajah, pilihlah posisi duduk agar Anda lebih rileks. Jika diperlukan, duduklah di depan cermin agar Anda dapat melihat wajah Anda.

Berikut adalah 5 gerakan mudah senam wajah yang bisa Anda terapkan sehari-hari.

Gerakan 1: Melatih Bibir

Tujuan: Gerakan pertama adalah gerakan melatih bibir. Tujuan dari latihan bibir adalah untuk menjaga keindahan bibir Anda.

Cara melakukan: Cara melakukan gerakan untuk melatih bibir adalah pertama-tama dengan memonyongkan bibir ke depan seperti membentuk huruf O. Tahan beberapa detik, kemudian lanjutkan dengan gerakan senyum selebar mungkin. Ulangi gerakan tersebut bergantian hingga 10 kali pengulangan.

Gerakan 2: Melatih Dagu

Tujuan: Masalah double chin tentunya sangat mengganggu kaum wanita. Agar dagu Anda tetap kencang, lakukan gerakan melatih dagu berikut ini.

Cara melakukan: Caranya adalah dengan mendongakkan kepala. Kemudian monyongkan kembali bibir hingga membentuk huruf O, dengan kepala yang masih menghadap ke atas. Tahan selama 20 detik, baru kemudian kembali menghadap ke depan. Lakukan gerakan tersebut hingga 10 kali pengulangan.

Gerakan 3: Melatih Dahi

Tujuan: Dahi biasanya menjadi salah satu spot favorit munculnya kerutan di wajah. Jika ingin dahi Anda tidak cepat berkerut, lakukan gerakan senam wajah berikut ini.

Cara melakukan: Letakkan jari-jari Anda di dahi menghadap ke dalam, tepatnya adalah di bagian atas ujung alis bagian dalam. Pastikan jari-jari Anda menutupi bagian atas alis hingga garis rambut. Sapukan jari-jari Anda ke arah luar sambil menekan dahi Anda perlahan. Ulangi gerakan tersebut hingga 10 kali.

Gerakan 4: Melatih Mata

Tujuan: Tujuan dari gerakan ini adalah untuk mencegah munculnya gejala penuaan di bagian mata sekaligus untuk mendapatkan tampilan mata yang lebih segar.

Cara melakukan: Caranya adalah dengan menaruh jari telunjuk di sisi-sisi mata. Lalu lakukan gerakan seperti mengedipkan mata, namun tidak perlu hingga mata tertutup. Anda bisa melakukan gerakan tersebut untuk kedua mata secara bersamaan, ataupun secara bergantian. Lakukan gerakan tersebut hingga 10 kali pengulangan.

Gerakan 5: Melatih Pipi

Tujuan: Latihan selanjutnya adalah untuk menjaga pipi agar lebih kencang dan tidak kendur. Ingat, gerakan ini tidak akan mengubah bentuk wajah Anda jadi tirus, ya.

Cara melakukan: Cara melakukannya adalah dengan melengkungkan jari telunjuk, lalu menahannya dengan ibu jari di bagian bawah. Kemudian letakkan dari telunjuk tersebut di bawah pipi sambil sedikit mendorong pipi ke atas. Selanjutnya, buka mulut selebar mungkin dan tahan selama 20 menit. Ulangi gerakan tersebut 10 kali.

 

Sumber:

  1. Barta, Kristen. 2019. Facial Exercises: Are They Bogus?. https://www.healthline.com/health/facial-exercises-are-they-bogus#1. (Diakses 29 Desember 2019).
  2. Thomas, Katie. 2019. 5 anti-ageing facial exercises you can do at home. https://www.marieclaire.co.uk/beauty/how-to/anti-ageing-facial-exercises-94678. (Diakses 29 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi