Terbit: 19 Januari 2021
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Senam Maumere adalah senam irama asli dari Nusa Tenggara Timur (NTT) yang bukan hanya menyehatkan tubuh, namun juga sangat menyenangkan jiwa. Ketahui gerakan dan manfaat senam Maumere dalam pembahasan ini. 

Senam Maumere, Ketahui Gerakan dan Manfaatnya bagi Kesehatan!

Apa Itu Senam Maumere? 

Pernah mendengar lirik lagu “Putar ke kiri e…nona manis putarlah ke kiri. Ke kiri ke kiri ke kiri dan. Ke kiri ke kiri ke kiri ke kiri manis e..”? Itu adalah lagu lokal berjudul Gemu Fa Mire yang mengiringi gerakan Maumere. 

Senam Maumere adalah senam irama atau senam aerobik beregu yang berasal dari Maumere pulau Nusa Tenggara Timur (NTT). Awalnya, senam Maumere adalah tarian daerah kreasi baru yang digawangi oleh seniman asal Ende, Flores bernama Frans Cornelis Dian Bunda atau Nyong Franco pada tahun 2011. 

Gerakan khas Maumere tersebut juga bisa dibawakan sebagai tarian, olah tubuh, atau senam. Masyarakat Indonesia Timur senang menari dengan lagu Gemu Fa Mire di berbagai perayaan, hingga lagu dan tarian Gemu Fa Mire belakangan juga populer di tingkat nasional. 

Gerakan Senam Maumere untuk Pemula 

Hampir sejenis dengan tarian atau senam Poco-Poco, kebanyakan masyarakat nasional menyukai gerakan Maumere yang energik dan mudah diikuti siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang tua. Tarian Maumere juga sangat menyenangkan dan dapat mempererat hubungan dengan orang lain karena dilakukan secara beregu yang membutuhkan kekompakan. 

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Gerakan Maumere sama sekali tidak sulit. Instruksi gerakannya sudah dijelaskan dalam lirik lagu Gemu Fa Mire. Anda hanya tinggal mendengarkan lagunya dan ikut menari dengan riang. 

Pada dasarnya, senam Maumere hanya membutuhkan 3 gerakan dasar, yaitu:

  • Bergerak ke Kiri: Saat lagu sampai pada lirik “…nona manis putarlah ke kiri. Ke kiri ke kiri ke kiri…” Maka Anda terus bergerak ke kiri sesuai irama.
  • Bergerak ke Kanan: Saat lagunya mengatakan “…nona manis putarlah ke kanan, ke kanan ke kanan ke kanan…” berarti Anda terus bergerak ke kanan. 
  • Gerakan Berputar: Membuat rotasi putaran dari kanan ke kiri sesuai dengan irama lagu tersebut. 

Selain itu, ada gerakan dasar lainnya yang energi seperti: 

  • Gerakan tangan ke atas. 
  • Berputar beberapa kali pada tangan dan kaki. 
  • Gerakan kaki yang lincah.

Apabila Anda ingin menggunakan gerakan tradisional Maumere, tentu gerakannya lebih detail dan penuh filosofi. Sebagian kelompok lain juga menggunakan gerakan atau modifikasi koreografi lainnya sesuai dengan kebutuhan senam aerobik. 

Baca Juga: Senam Lantai: Pengertian, Sejarah, Gerakan, dan Manfaat

Manfaat Senam Maumere bagi Kesehatan 

Senam Maumere adalah jenis senam aerobik yang penuh dengan gerakan tubuh dan otot. Gerakan Maumere bisa menjadi alternatif olahraga menyenangkan bersama teman-teman, kolega, atau keluarga Anda. 

Bukan hanya karena lagunya yang riang, senam Maumere memiliki manfaat kesehatan seperti senam aerobik pada umumnya. Berikut ini manfaat senam secara umum: 

1. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular 

Latihan aerobik dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular termasuk mencegah risiko penyakit jantung. Latihan fisik secara rutin akan menjaga kesehatan arteri (pembuluh darah yang mengantarkan darah penuh oksigen dari jantung ke seluruh organ). Bila arteri sehat, maka tekanan darah dan kadar kolesterol Anda juga akan terjaga normal. 

Baca Juga: 15 Gerakan Senam Jantung Sehat di Rumah (Mudah dan Efektif)

2. Membantu Mengontrol Gula Darah

Aktivitas fisik secara teratur, termasuk melakukan senam aerobik, dapat mengontrol kadar gula darah tetap normal dengan mengatur kadar insulin. Saat tubuh aktif bergerak, Anda juga dapat menjaga berat badan ideal dan mengurangi risiko diabetes 2.

3. Meningkatkan Sistem Imun 

Selain mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah, Anda juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh dengan rajin berolahraga. Hasil membuktikan bahwa senam aerobik secara rutin dapat meningkatkan jenis antibodi atau imun tertentu dalam darah. Bila sistem imun kuat, maka Anda tidak akan mudah terserang penyakit. 

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi 

Manfaat senam Maumere selanjutnya adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Berdasarkan penelitian, latihan fisik setidaknya 30 menit sehari atau 150 menit per minggu dapat menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 5 to 8 mmHg. Anda harus rajin olahraga agar tekanan darah tetap normal, terutama bila Anda memiliki tekanan darah tinggi. 

Selain senam aerobik, berbagai jenis latihan fisik lain dapat membantu Anda tetap sehat dan bugar. Anda mungkin ingin mencoba latihan yang lebih intens daripada senam, seperti bersepeda, berenang, atau mungkin lari cepat. 

5. Meningkatkan Stamina dan Energi 

Melakukan gerakan Maumere bersama teman-teman bisa membuat Anda semangat. Selain karena lagunya yang riang, gerakannya pun sangat energik sehingga tubuh Anda terus bergerak.

Selain itu, latihan fisik secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kekuatan otot. Anda akan terlihat segar-bugar dan memiliki banyak energi untuk menyelesaikan berbagai aktivitas. 

6. Mencegah Penyakit Kronis 

Senam adalah salah satu jenis latihan kardio yang paling mudah. Latihan kardio secara rutin akan berdampak baik untuk berbagai organ tubuh termasuk jantung, paru-paru, otot, dan seluruh tubuh. Pada gilirannya, olahraga secara rutin, pola makan sehat, dan perubahan pola hidup sehat akan menjauhkan Anda risiko penyakit kronis. 

Baca Juga: Senam Anti Stroke: Manfaat, Jenis, dan Gerakan

7. Mengontrol Berat Badan

Manfaat senam aerobik selanjutnya adalah untuk mengontrol berat badan. Selain menjaga pola makan, Anda harus olahraga untuk melunturkan lemak dan kalori di tubuh. Olahraga yang semakin intens akan membakar lebih banyak kalori. 

8. Meningkatkan Suasana Hati 

Salah satu cara sehat untuk bergembira adalah dengan olahraga. Ada berbagai pilihan latihan fisik seperti jogging, latihan fitness di tempat gym, lari, angkat beban, atau senam aerobik. Latihan senam aerobik seperti senam Maumere mungkin bisa meningkatkan suasana hati Anda dua kali lipat. 

Pasalnya, gerakan tarian Maumere paling pas untuk dilakukan bersama teman-teman. Pasti sangat menyenangkan untuk bisa melakukan latihan fisik bersama teman-taman. Selain sehat, Anda dan teman-teman Anda bisa menghabiskan waktu bersama dengan positif dan seru! 

Itulah pembahasan tentang gerakan dan manfaat senam Maumere bagi kesehatan. Silakan ajak teman atau guru aerobik Anda untuk latihan fisik dengan lagu Gemu Fa Mire yang menyenangkan! Salam Sehat! 

 

  1. Ensiklopedia Jakarta. 2020. Tari Maumere di Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Jakarta. http://encyclopedia.jakarta-tourism.go.id/post/maumere–seni-tari?lang=id. (Diakses pada 19 Januari 2021).
  2. Marcin, Ashley. 2021. What Are the Benefits of Aerobic Exercise?. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/benefits-of-aerobic-exercise. (Diakses pada 19 Januari 2021).
  3. Mayo Clinic. 2020. Aerobic exercise: Top 10 reasons to get physical. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/aerobic-exercise/art-20045541. (Diakses pada 19 Januari 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi