Mengenal Senam Aerobik, Apa Saja Manfaatnya untuk Tubuh?

senam-aerobik-doktersehat

DokterSehat.Com – Setiap pusat kebugaran umumnya menyediakan kelas senam aerobik. Olahraga yang satu ini sering diidentikkan dengan olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan. Tapi tentunya tidak sampai di situ saja, senam aerobik juga memiliki berbagai manfaat lainnya untuk tubuh. Ini dia pengertian senam aerobik dan senam aerobik yang perlu Anda ketahui!

Pengertian Senam Aerobik

Aerobik adalah semua jenis olahraga yang tujuannya adalah untuk meningkatkan denyut jantung. Pada dasarnya setiap olahraga yang dilakukan lebih dari 4 menit secara terus-menerus dapat disebut sebagai olahraga aerobik, termasuk berenang, berlari, hingga bersepeda. Di Indonesia sendiri, olahraga aerobik yang paling populer adalah senam aerobik, karena memang terdapat kata ‘aerobik’ di dalamnya.

Senam aerobik adalah serangkaian gerakan yang dilakukan beriringan dengan irama musik yang dilakukan dalam durasi waktu tertentu. Gerakan senam aerobik dilakukan untuk melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung meningkat. Tidak seperti tarian, gerakan senam aerobik selaras namun tidak terpaku oleh musik yang mengiringinya.

Manfaat Senam Aerobik

Setiap olahraga tentunya memiliki manfaat umum yaitu untuk menjaga kebugaran tubuh. Tetapi setiap olahraga juga tentunya memiliki manfaat spesifiknya tersendiri jika dilakukan secara rutin. Berikut adalah 15 manfaat senam aerobik jika dilakukan secara rutin:

1. Menurunkan berat badan

Manfaat senam aerobik yang pertama adalah menurunkan berat badan. Olahraga ini termasuk olahraga yang efektif menurunkan gerakan berat badan karena membuata kita menggerakkan seluruh tubuh dan dilakukan dalam durasi waktu yang lumayan panjang. Latihan senam aerobik secara rutin dan dibarengi dengan pola diet yang tepat dapat menurunkan berat badan secara lebih efektif.

2. Menurunkan kolesterol

Manfaat senam aerobik yang kedua adalah dapat menurunkan kolesterol. Senam aerobik meningkatkan kerja jantung sehingga oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh pun lebih banyak. Hal ini tentunya dapat memperlancar peredaran darah sehingga kolesterol jahat tidak menumpuk pada pembuluh darah.

3. Mengurangi risiko darah tinggi

Selain dapat menurunkan kolesterol, lancarnya peredaran darah dan aliran oksigen ke seluruh tubuh juga dapat menurunkan risiko Anda terkena tekanan darah tinggi. Baik koesterol tinggi hingga tekanan darah tinggi keduanya merupakan penyakit yang dapat eprlu diwaspadai karena dapat memicu penyakit berbahaya lainnya.

4. Meningkatkan fungsi jantung

Manfaat senam aerobik selanjutnya adalah meningkatkan fungsi jantung. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa tujuan aerobik adalah meningkatkan denyut jantung. Melatih jantung dengan melakuakn senam aerobik secara rutin dapat membuat irama jantung lebih stabil.

5. Mengurangi stres

Senam aerobik juha dapat mengurangi stres dan membuat Anda lebih bahagia. Ketika melakukan senam aerobik, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang bisa membuat Anda lebih bahagia. Senam aerobik juga terbukti mampu untuk meningkatkan percaya diri dan juga fungsi otak sehingga menurunkan kemungkinan depresi.

6. Menjaga kesehatan otot

Gerakan aerobik dilakukan dengan cara melatih otot-otot tubuh, sehingga tentunya senam aerobik memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan otot. Aliran darah yang lebih lancar dan suplai oksigen ke otot yang lebih lancar juga membantu otot terhindar dari asam laktat.

7. Melatih tulang dan sendi

Tidak hanya dapat menyehatkan otot, tapi senam aerobik juga tentunya dapat melatih tulang dan sendi. Semakin bertambahnya usia seseorang, tulang dan sendi akan semakin rapuh. Maka dari itu, sejak usia muda kita harus rajin untuk melatih otot dan sendi agar menjadi lebih kuat, salah satunya dengan senam arobik.

8. Awet muda

Manfaat senam aerobik selanjutnya adalah dapat membuat Anda terlihat awet muda. Senam aerobik secara rutin dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih kencang dan juga indah, sehingga Anda pun dapat terlihat lebih muda.

9. Menjaga sistem pernapasan

Orang yang jarang berolahraga tentunya akan lebih mudah kehabisan napas dibandingkan dengan orang yang rutin berolahraga. Senam aerobik secara rutin juga sangat baik untuk melatih pernapasan agar Anda tidak mudah kehabisan napas setiap melakukan aktivitas apapun.

10. Mencegah berbagai penyakit kronis

Manfaat senam aerobik selanjutnya adalah menghindarkan Anda dari berbagai penyakit kronis. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya aerobik dapat menurunkan kolesterol dan mencegah hipertensi yang artinya Anda juga dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti gagal jantung dan stroke.

11. Meningkatkan imunitas tubuh

Selain terhindar dari penyakit kronis, senam aerobik juga akan meningkatkan imunitas tubuh. Meningkatnya sistem imun tubuh akan membuat Anda tidak mudah tersrang berbagai macam virus dan bakteri, sehingga Anda tidak mudah sakit.

12. Meningkatkan stamina

Meskipun olahraga itu melelakan, tapi olahraga secara rutin dipastikan dapat meingkatkan stamina Anda, begitu juga dengan senam aerobik. Senam aerobik dapat meningkatkan stamina dan membuat Anda lebih bertenaga dan tidak mudah lelah ketika beraktivitas.

13. Panjang umur

Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang rutin melakukan olahraga maka akan mendapatkan umur yang lebih panjang. Jika melihat manfaat senam aerobik yang sudah disebutkan di poin-poin sebelumnya, tentu tidak heran jika disimpulkan bahwa senam aerobik memiliki potensi membuat umur lebih panjang. Kesehatan yang terjaga memang merupakan salah satu kunci untuk hidup lebih lama.

14. Memperlancar proses persalinan

Untuk Anda yang sedang hamil, ternyata rutin melakukan senam aerobik dapat melatih kekuatan dan elastisitas otot perut dan vagina, sehingga proses persalinan akan berjalan lebih lancar. Agar kehamilan Anda tetap aman, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum senam aerobik dan bergabung dengan kelas aerobik khusus ibu hamil.

15. Mengontrol kadar gula dalam tubuh

Senam aerobik memiliki gerakan-gerakan yang energik dan mampu membakar kalori dengan cepat. Salah satu sumber kalori berasal dari gula, sehingga aerobik dapat membantu menyeimbangkan kadar gula dengan baik. Sebuah studi yang dilakukan oleh Louisiana State University menunjukkan partisipan yang rutin melakukan senam aerobik dan angat beban mengalami penurunan kadar glukosa, dengan level HbA1 menurun dari 7,7 persen ke 7,3 persen.

Nah, itu dia berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan senam aerobik! Anda dapat memulai sendiri di rumah dengan mengikuti video senam aerobik di internet, atau mendaftarkan diri di kelas senam aerobik di gym terdekat. Selamat mencoba!