Sedang Susah BAB, Hindari Makanan Ini Dulu

Kesalahan-makan-daging-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/refeia

DokterSehat.Com– Susah buang air besar atau sembelit adalah masalah kesehatan yang cukup sering menyerang siapa saja. Ada banyak sekali penyebab dari hal ini, baik itu akibat kebiasaan kurang minum, kurang serat, kurang gerak, dan berbagai penyebab lainnya. Satu hal yang pasti, sembelit akan terasa menyiksa karena perut yang terus tidak nyaman.

Menurut pakar kesehatan, 22 persen orang dewasa di seluruh dunia mengalami masalah kesehatan ini. Tak hanya sulit mengeluarkan kotoran, dalam banyak kasus penderitanya mengalami sensasi nyeri atau kram pada perut. Jika kita ingin segera mengatasi sembelit, ada baiknya kita menghindari beberapa jenis makanan seperti makanan cepat saji.

Sebenarnya, makanan cepat saji juga sebaiknya kita hindari kapan saja, baik itu saat tubuh berada dalam kondisi sehat ataupun saat berada dalam kondisi tidak sehat. Hanya saja, khusus saat terkena sembelit, mengonsumsi makanan ini akan membuatnya menjadi lebih parah. Makanan ini miskin serat dan kaya akan kandungan garam dan lemak yang justru akan membebani saluran pencernaan yang sudah dalam kondisi kurang baik. Bisa jadi proses penyembuhan sembelit akan terhambat akibat mengonsumsinya.

Selain makanan cepat saji, ada baiknya kita juga menghindari daging merah. Meskipun memiliki rasa yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai makanan, daging merah seperti daging sapi dan daging kambing ini cenderung sulit dicerna oleh usus. Padahal, usus juga sudah bekerja keras untuk mengatasi sembelit. Mengonsumsi daging merah tentu akan membuat kondisi susah buang air besar menjadi semakin parah.

Makanan lain yang diolah dengan kandungan tepung terigu seperti kue dan biskuit juga sebaiknya kita hindari terlebih dahulu saat sedang susah buang air besar. Sebagaimana daging merah atau makanan cepat saji, kandungan tepung terigu ini susah untuk dicerna oleh saluran pencernaan yang tentu akan membuat sembelit menjadi semakin parah.

Saat sembelit, ada baiknya kita juga tidak sembarangan dalam mengonsumsi buah. Sebagai contoh, jika kita mengonsumsi pisang hijau atau yang masih mentah, maka sembelit justru akan menjadi semakin parah. Pisang hijau tinggi kandungan pati yang sulit untuk dicerna usus dan belum memiliki kandungan serat yang cukup sebagaimana pisang yang sudah matang. Ada baiknya kita tidak mengonsumsinya terlebih dahulu.