Sembarangan Minum Obat Pelangsing, Usus Wanita Ini Hancur

DokterSehat.Com– Karena ingin segera mendapatkan tubuh yang langsing, cukup banyak orang yang akhirnya memilih jalan pintas berupa mengkonsumsi obat pelangsing dengan sembarangan. Padahal, hal ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya diceritakan oleh akun Facebook Azriel Ariel. Dalam postingan yang viral di media sosial ini, diceritakan bahwa seorang wanita bernama Ida harus tergolek lemas di rumah sakit Zhongshan, Taichung, Taiwan, gara-gara mengkonsumsi semacam obat atau teh pelangsing sembarangan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Ida ternyata mengalami komplikasi perut yang membuat ususnya hancur gara-gara mengkonsumsi teh pelangsing secara sembarangan dalam jangka panjang. Pihak majikan yang memperjakannya pun sudah putus asa karena sudah menghabiskan uang hingga 300 ribu NTD (hampir Rp 150 juta) untuk mengobati Ida namun tetap saja kondisinya tidak kunjung membaik.

bahaya-obat-pelangsing-usus-hancur
Photo Credit: Facebook/ Azriel Ariel

Pakar kesehatan Meutia Faradilla, M.Si., Apt yang berasal dari Universitas Syiah Kuala menyebutkan bahwa teh pelangsing atau obat-obatan pelangsing lainnya memiliki fungsi seperti pencahar. Dengan mengkonsumsinya, maka isi di dalam usus akan kosong sehingga membuat efek perut menjadi terlihat lebih rata. Yang menjadi masalah adalah, konsumsi obat pelangsing ini dalam waktu lama bisa memicu ketidakseimbangan elektrolit yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Tak hanya itu, cukup banyak produk teh pelangsing, apalagi yang memiliki embel-embel bisa melangsingkan tubuh dengan cepat, yang ternyata memiliki bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak sembarangan memilih obat atau teh pelangsing. Ada beberapa jenis obat pelangsing yang aman untuk dikonsumsi dan biasanya bekerja dengan cara membuat nafsu makan menurun, menghambat penyerapan lemak, meningkatkan sistem metabolisme tubuh, dan meningkatkan suhu tubuh. Sementara itu, obat atau teh pelangsing yang tidak aman biasanya akan memicu gejala seperti muntah-muntah, jantung berdebar, kerap buang air kecil, dan mulut terasa kering setelah dikonsumsi.