DokterSehat.Com– Menjadi seorang vegetarian berarti kita tidak akan mengonsumsi makanan dari produk hewani. Dengan melakukannya, maka kita pun akan mendapatkan berbagai nutrisi sehat dari makanan nabati layaknya sayur atau buah-buahan dan menurunkan risiko terkena berbagai macam masalah kesehatan yang kerap disebabkan oleh konsumsi makanan hewani yang berlebihan.

doktersehat-wanita-makan-salad-sayur-buah-tulang-gigi

Yang menjadi masalah adalah, cukup banyak pelaku diet vegetarian yang tidak memperhatikan keseimbangan asupan nutrisinya. Hal inilah yang juga terjadi pada wanita bernama Tan dari Wuhan, Tiongkok.

Tan sudah sekitar 30 tahun menjadi vegetarian. Awalnya, Ia memilih untuk menerapkan pola makan ini karena ingin menurunkan berat badannya yang saat itu kurang ideal. Hasilnya adalah, Ia mampu menurunkan berat badannya dari 55 kg hingga 45 kg sehingga memiliki penampilan dan kondisi kesehatan yang lebih baik.

Sayangnya, di usianya yang kini sudah 50-an, Tan mulai merasakan gejala kesehatan yang aneh, khususnya saat berjalan kaki. Ia seperti kesulitan untuk menyeimbangkan tubuhnya saat melakukannya. Bahkan, kaki dan tangannya juga kerap mati rasa.

Khawatir akan kondisi kesehatannya, Tan pun mengunjungi dokter di rumah sakit. Disanalah Ia terkejut tatkala diberi tahu bahwa terjadi kerusakan pada sel saraf tulang belakang. Menurut dokter, hal ini seringkali terjadi pada mereka yang kurang gizi atau menderita diabetes. Namun, khusus untuk kasus yang dialami Tan, Ia terkena masalah ini karena kekurangan asupan vitamin B12, vitamin yang sangat penting bagi kesehatan saraf.

Dalam pemeriksaan lanjutan, diketahui bahwa kadar vitamin B12 dalam tubuhnya ternyata hanya 10 persen dari normal. Diperkirakan, hal ini disebabkan oleh pola makan vegetarian yang Ia terapkan namun tidak dengan komposisi gizi yang seimbang. Sebagai informasi, daging adalah sumber terbaik bagi vitamin B12 meskipun memang ada bahan makanan lain yang juga memiliki kandungan tersebut.

Kekurangan vitamin B12 bisa berimbas pada kerusakan saraf dan penyusutan otot yang bisa saja membuat Tan lumpuh. Bahkan, risiko untuk terkena penyakit jantung juga meningkat.

Ada baiknya memang kita tidak asal-asalan dalam menerapkan diet vegetarian. Pastikan untuk mengecek kandungan gizi dari makanan yang kita konsumsi. Jika perlu, konsumsilah asupan vitamin agar tidak mengalami masalah seperti yang dialami Tan.