Sembarangan Membeli Produk Kesehatan, Wanita Ini Mengalami Intoleransi Glukosa

doktersehat-obat-a-z-ponstan-asam-mefenamat-Levofloxacin-suplemen-hamil-kehamilan-hiv-truvada-melatonin-susah-tidur

DokterSehat.Com– Kadangkala kita melihat iklan produk kesehatan yang ditawarkan di media sosial atau di iklan-iklan yang tertempel pada laman website. Kadangkala, iklan-iklan ini terlihat sangat menggiurkan dan sepertinya aman untuk digunakan. Menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita tidak sembarangan untuk membeli produk kesehatan ini karena bisa jadi memiliki bahan yang berbahaya.

Dikutip dari Asia One, wanita berusia 40 tahunan yang tidak disebutkan namanya dari Singapura mengalami masalah intoleransi glukosa dan kesulitan mengendalikan kadar gula darahnya setelah mengonsumsi produk kesehatan yang didapatkan secara online.

Label produk yang diketahui diproduksi dari Malaysia ini bertuliskan memiliki bahan-bahan herbal dan diklaim mampu mengatasi nyeri sendi dan migrain. Health Sciences Authority (HAS) menyebutkan bahwa sang wanita mengonsumsi obat herbal ini selama 1 bulan karena mengalami nyeri sendi pada lututnya.

Sayangnya, kondisi kesehatannya justru semakin tidak karuan. Saat memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter, barulah ia mengetahui bahwa tubuhnya telah mengalami intoleransi glukosa dan hal ini membuatnya lebih berisiko terkena diabetes dan penyakit jantung.

Saat mengecek kandungan dari produk herbal ini, HAS menemukan kandungan dexamethasone, semacam steroid yang seharusnya hanya digunakan dengan resep dokter. Konsumsi kandungan ini dengan sembarangan bisa memicu Cushing’s Syndrome, peningkatan kadar glukosa darah yang bisa memicu diabetes, tekanan darah tinggi, katarak, kelainan tulang dan otot, dan peningkatan risiko terkena infeksi.

Selain produk herbal, HSA juga menyebutkan bahwa ada banyak produk kosmetik yang dijual secara online yang ternyata seringkali memiliki bahan yang tidak sesuai dengan yang dicantumkan di label. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak sembarangan membeli produk-produk kesehatan dan kecantikan dengan sembarangan.

Sobat Sehat pernah tidak membeli produk herbal atau kosmetik secara online?