Terbit: 19 September 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Semangka dikenal luas sebagai buah yang bisa memberikan sensasi segar setelah dikonsumsi. Buah ini juga tinggi kandungan air yang bisa mengatasi rasa haus dan dehidrasi. Hanya saja, apakah benar jika rutin mengonsumsinya bisa membantu membersihkan pembuluh darah?

Semangka Bisa Membersihkan Pembuluh Darah?

Manfaat Makan Semangka bagi Kesehatan Pembuluh Darah

Selain jantung, pembuluh darah memiliki fungsi yang sangat penting bagi sirkulasi darah. Pembuluh darah bisa ditemukan di hampir semua bagian tubuh kita demi memastikan semua jaringan dan organ tubuh mendapatkan darah yang kaya akan nutrisi dan oksigen sehingga bisa berfungsi dengan normal. Masalahnya adalah terkadang pembuluh darah mengalami sumbatan yang membuat sirkulasi darah tidak lancar.

Hambatan pada sirkulasi darah ini biasanya disebabkan oleh penumpukan plak yang ada di dinding bagian dalam pembuluh darah. Penyebabnya seringkali adalah pola makan yang buruk, khususnya yang tinggi lemak jahat. Jika hal ini terus dibiarkan, bisa jadi akan memicu masalah kesehatan yang lebih serius layaknya penyakit jantung atau stroke.

Dengan mengonsumsi semangka secara rutin, kita bisa membantu proses pembersihan pembuluh darah. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam amino yang cukup tinggi di dalamnya. Pakar kesehatan menyebut kandungan ini bisa membantu tubuh memproduksi nitrat dengan cukup. Keberadaan nitrat inilah yang akhirnya membantu pembuluh darah menjadi lebih rileks, membersihkan dan melebarkan pembuluh darah, sekaligus membuat tekanan darah menurun.

Melihat fakta ini, rutin makan semangka memang bisa membantu menyehatkan jantung dan pembuluh darah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Makanan Lain yang Bisa Membersihkan Pembuluh Darah

Selain buah semangka, pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan lain yang bisa membantu membersihkan pembuluh darah di dalam tubuh.

Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Asparagus

Salah satu jenis sayuran ini ternyata juga bisa membantu membersihkan pembuluh darah, lho. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan mineral dan serat yang tinggi di dalamnya. Rutin makan asparagus akan mencegah terjadinya pembuluh darah, mencegah penumpukan plak, dan memperlancar peredaran darah. Asparagus bisa diolah dengan cara dibakar, dikukus, atau dipanggang.

  1. Buah Alpukat

Alpukat dikenal luas sebagai salah satu buah yang paling baik bagi kesehatan. Kebanyakan orang berpikir jika buah ini cocok untuk program diet atau mengatasi masalah kolesterol tinggi. Hanya saja, rutin mengonsumsinya ternyata juga bisa membantu membersihkan pembuluh darah.

Rutin makan alpukat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik. Selain itu, buah ini juga tinggi kandungan vitamin E dan potasium yang bisa mencegah oksidasi kolesterol.

  1. Brokoli

Salah satu jenis sayuran yang memiliki bentuk yang unik dan rasa yang enak ini tinggi kandungan vitamin K. Kandungan ini bisa membantu mengendalikan kadar kalsium tubuh sekaligus mencegah kerusakan pada pembuluh darah arteri. Tingginya kandungan serat di dalam brokoli juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan stres yang dikenal menjadi biang kerok masalah pada pembuluh darah.

  1. Daging Ikan

Daging ikan yang tinggi kandungan asam lemak omega 3 atau yang juga dikenal sebagai lemak sehat layaknya ikan salmon, sarden, dan tuna ternyata bisa membantu menyehatkan jatung dan pembuluh darah. Rutin mengonsumsinya juga bisa mencegah terjadinya penyumbatan sirkulasi darah.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin mengonsumsi daging ikan setidaknya dua kali seminggu demi mencegah peradangan, menurunkan kolesterol dan trigliserida, sekaligus mencegah penyakit kardiovaskular.

  1. Bayam

Bayam tinggi kandungan kalium, asam folat, dan serat yang bisa menurunkan tekanan darah sekaligus mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri.

 

Sumber: Anonim. 2019. 10 Makanan untuk Membersihkan Pembuluh Darah. cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190919100533-255-431824/10-makanan-untuk-membersihkan-pembuluh-darah. (Diakses pada 19 September 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi