4 Tips Agar Tetap Semangat Berolahraga Saat Puasa

doktersehat semangat olahraga

DokterSehat.Com – Sebagian besar orang Indonesia yang sedang menjalankan ibadah puasa jarang sekali yang melakukan olahraga. Bagi mereka olahraga akan membuat tubuh jadi cepat lemas dan akhirnya tidak kuat untuk melakukan puasa lagi dari pagi hingga sore hari.

Sebenarnya mitos olahraga membuat tubuh jadi terlalu lemas tidak sepenuhnya benar. Justru dengan berolahraga tubuh akan menjadi lebih bugar. Dampaknya Anda akan selalu fokus dalam bekerja, peredaran darah berjalan dengan lancar, dan jarang sekali sakit.

Nah, agar Anda lebih semangat lagi dalam berolahraga, simak ulasan singkat di bawah ini dengan saksama, ya!

Olahraga saat puasa

Olahraga saat puasa sangat dianjurkan karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan berolahraga rutin setiap hari selama 15-30 menit, Anda akan memiliki peredaran darah yang baik, terhindar dari obesitas, dan selalu kuat menjalani puasa setiap harinya.

Kalau Anda tidak kuat melakukan olahraga setiap hari cukup 3-4 kali dalam seminggu. Lakukan olahraga semampunya agar tubuh tidak terlalu pasif dan akhirnya Anda malah jatuh sakit dan tidak melakukan pekerjaan dengan baik.

Kalau memang tubuh tidak bisa diajak untuk berolahraga karena ada gangguan, jangan paksakan diri. Cukup jalan kaki atau tidak terlalu banyak tidur agar tubuh tetap aktif dan berkeringat.

Tips semangat olahraga saat puasa

Kalau Anda ingin melakukan olahraga setiap hari dengan semangat, coba simak beberapa tips di bawah ini.

  1. Pilih waktu yang tepat

Kalau Anda ingin selalu semangat berolahraga, pilih waktu yang tepat untuk melakukannya. Kalau sedang puasa Anda bisa memilih waktu setelah makan sahur atau beberapa menit sebelum berbuka puasa. Pada dua waktu itu, tubuh sedang tidak pada kondisi terlalu lemas dan udara juga lebih nyaman.

Usahakan jangan berolahraga di siang hari kalau ingin melakukannya di luar ruangan, misal di lapangan. Paparan sinar matahari yang panas akan membuat Anda cepat sekali lemas dan akhirnya kondisi dehidrasi tidak bisa dihindari lagi.

  1. Minum air yang cukup setiap harinya

Salah satu ketakutan terbesar dari mereka yang enggan berolahraga saat puasa adalah dehidrasi. Saat berolahraga keringat akan keluar cukup banyak dan tenaga dikuras habis. Kondisi ini menyebabkan dehidrasi muncul dan membuat mereka yang puasa lemas tidak keruan.

Sebenarnya kondisi dehidrasi ini bisa diatasi dengan minum yang cukup setiap harinya. Saat sahur usahakan minum sebanyak 3-4 gelas dan sisanya dibagi saat sahur dan berbuka puasa.

  1. Penuhi kebutuhan nutrisi harian

Kalau Anda tidak makan yang cukup nutrisi dan kebutuhan kalori harian sering mengalami defisit, tubuh akan susah diajak olahraga. Anda akan sering lemas dan akhirnya malas melakukan apa saja.

Saat sahur dan berbuka usahakan makan makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein. Sebisa mungkin tetap 4 sehat 5 sempurna agar kegiatan harian termasuk olahraga bisa berjalan dengan lancar.

  1. Hindari makanan dan minuman yang tidak cocok

Saat sedang puasa ada beberapa makanan dan minuman yang tidak cocok untuk dikonsumsi. Kita ambil contoh saja kopi. Minuman ini mengandung cukup banyak kafeina yang memberi efek diuretik. Mengonsumsi kopi akan membuat Anda jadi sering kencing dan akhirnya mengalami dehidrasi.

Selanjutnya makanan yang terlalu asam dan pedas. Sahur atau berbuka dengan makanan ini akan membuat perut jadi mulas. Akhirnya Anda jadi sering malas untuk olahraga.

Saat puasa tahun ini seberapa sering Anda berolahraga setiap minggunya? Semoga semakin semangat, ya!