Terbit: 16 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Cobaan pertama yang akan dialami oleh pekerja selama bulan puasa tiba adalah rasa lemas dan kelelahan sepanjang siang. Karena tubuh mengalami perbedaan jam makan dan juga jam istirahat, rasa malas bekerja tidak bisa dihindari. Hampir setiap hari, para pekerja selalu malas untuk berangkat. Akibatnya, saat berada di kantor mereka tidak bisa bekerja secara maksimal.

6 Cara Membuat Tubuh Semangat Bekerja Selama Puasa Ramadan

Agar kondisi seperti ini tidak terjadi dan Anda tetap bisa bekerja secara maksimal selama bulan puasa berjalan, coba simak enam tips sederhana di bawah ini.

1 Jangan lupakan sahur

Saat sedang puasa, kita tetap harus mencukupi kebutuhan kalori harian sebanyak 2.000-2.500 kkal setiap harinya. Untuk mencukupi kebutuhan ini dengan baik, kita harus membaginya menjadi minimal dua porsi yang akan dimakan saat sebelum puasa dan saat berbuka puasa dan berlanjut hingga sebelum tidur.

Mengingat pentingnya makan sahur, kita sangat dianjurkan untuk menyantapnya. Kalau energi hanya didapatkan saat berbuka puasa saja, Anda bisa lemas sepanjang siang. Selain itu makan sebanyak 2.000 kkal dalam satu kali waktu juga tidak baik untuk perut karena terlalu penuh sehingga bisa mengganggu pencernaan.

  1. Nutrisi yang tepat

Nutrisi adalah sesuatu yang krusial sehingga kita harus memikirkannya selama menjalani puasa Ramadan. Kita harus mempertimbangkan asupan protein, karbohidrat, dan lemak secara seimbang atau sesuai dengan program diet yang dijalani. Pengaturan makan harus dimulai sejak sahur, berbuka puasa, dan sebelum tidur.

Agar selalu semangat saat bekerja, jangan makanan karbohidrat sederhana yang mudah diolah dan diserap seperti mi dan kue. Lebih baik gunakan karbohidrat kompleks seperti beras merah dan oatmeal yang bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Selanjutnya jauh aneka gorengan dan minuman yang mengandung kafeina.

  1. Tidur yang cukup

Saat sedang menjalankan puasa, Anda tetap disarankan untuk tidur dengan cukup dan berkualitas. Maksud dari cukup ini adalah sesuai dengan standar minimal yang sudah ditetapkan, misal 6 jam per hari yang bisa Anda bagi sendiri.

Tidur bisa dimulai pukul 22.00 lalu bangun sekitar 03.00 untuk makan. Siang hari saat waktu istirahat bisa mengambil istirahat sejenak untuk power nap selama 1 jam.

  1. Penuhi kebutuhan air harian

Salah satu hal krusial yang sering dilupakan oleh mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa adalah minum air putih. Dalam satu hari normalnya kita minum sebanyak 8 gelas air atau paling tidak 2 liter.

Kebutuhan ini tetap harus dipenuhi bagaimana caranya. Anda bisa minum 3-4 gelas saat sahur dan sisanya saat buka dan jelang tidur. Hindari tubuh menjadi lemas karena dehidrasi.

  1. Buat tubuh relaks

Buat tubuh selalu relaks setiap saat. Jangan terlalu memaksakan diri dalam satu hal karena terlalu stres bisa membuat badan jadi terlalu lemas dan menguras cukup banyak energi. Kelola stres selama puasa Ramadan agar saat bekerja selalu dalam kondisi yang prima.

  1. Lakukan olahraga

Yang membuat kita jadi tidak semangat bekerja adalah kondisi badan yang selalu lemas dan cenderung pasif. Untuk membuat tubuh selalu semangat setiap saat, Anda harus membuatnya segar dengan berolahraga secara rutin.

Lakukan olahraga saat pagi selama 15 menit sehabis sahur. Kalau pagi hari tidak sempat, lakukan saat malan hari setelah berbuka puasa. Intinya jangan sesekali lupakan olahraga meski hanya dilakukan dengan jalan kaki atau jogging ringan.

Semoga enam cara di atas bisa membuat kita lebih semangat untuk bekerja dan tetap produktif meski sedang puasa.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi