DokterSehat.Com– Ada banyak hal yang bisa membuat kita mengalami masalah kurang tidur. Tak hanya karena berbagai kesibukan, kebiasaan menonton acara televisi favorit atau memainkan game hingga larut malam juga bisa menjadi pemicunya. Jika Anda mengalami kurang tidur sebelumnya, pakar kesehatan menyarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan-makanan berikut ini karena bisa memperburuk kondisi tubuh.

doktersehat-roti-tawar-madu

Gula dan makanan manis
Makanan manis memang memiliki rasa yang lezat. Namun, jika kita mengkonsumsi makanan yang kaya akan gula saat sebelumnya mengalami kurang tidur, maka risiko untuk terkena sugar coma akan meningkat dengan signifikan. Sebagai informasi, sugar coma adalah kondisi dimana fungsi otak menurun drastis setelah mengkonsumsi gula. Hal ini menyebabkan penurunan perhatian dan konsentrasi, kesulitan belajar atau mencerna informasi, hingga tubuh yang terasa lesu dan mengantuk. Kita pun akan menjadi tidak produktif seharian.

Ubi
Bagi mereka yang sedang menjalani program diet, ubi adalah salah satu makanan yang kerap dikonsumsi karena nutrisinya yang sangat menyehatkan. Hanya saja, ubi kaya akan kandungan potassium dan magnesium yang bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Kita pun akan semakin mudah mengantuk jika mengkonsumsinya setelah kurang tidur semalaman.

Roti
Sumber karbohidrat lain yang banyak dikonsumsi adalah roti. Meskipun karbohidrat memang bisa menyediakan energy bagi tubuh, namun, dalam jangka panjang hal ini akan membuat kadar glukosa dalam darah menurun dan tubuh pun akan menjadi mudah lesu dan mengantuk.

Pisang
Buah pisang memiliki kandungan potassium dan magnesium yang bisa membuat pikiran dan tubuh lebih rileks. Mengkonsumsi buah pisang saat semalam sebelumnya kurang tidur akan membuat kita semakin mudah mengantuk.

Teh herbal
Banyak orang yang sengaja mengkonsumsi teh herbal untuk mengawali hari karena bisa membuat pikiran lebih tenang dan mudah berkonsentrasi. Sayangnya, mengkonsumsi teh herbal setelah di malam sebelumnya kurang tidur justru akan membuat efek tenang menjadi berlebihan dan kita pun akan semakin mudah mengantuk.