Terbit: 8 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Selfie atau swafoto adalah salah satu aktivitas yang sering dilakukan masyarakat modern. Hal ini biasanya dilakukan untuk menunjukkan aktivitas yang sedang dilakukan lewat media sosial. Hanya saja, sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta unik tentang selfie, tepatnya selfie video. Aktivitas ini ternyata bisa dijadikan metode untuk mengukur tekanan darah, lho. Kok bisa?

Selfie Bisa Dijadikan Metode Pengukuran Tekanan Darah?

Selfie untuk Mengukur Tekanan Darah

Pakar kesehatan Kang Lee yang melakukan penelitian ini menyebut rutin memantau tekanan darah bisa membantu mengecek kondisi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Tekanan darah bahkan bisa dijadikan peringatan tentang risiko serangan jantung atau stroke.

“Tekanan Darah adalah faktor utama dari berbagai macam penyakit kardiovaskular. Demi mencegah kedatangan penyakit ini, kita harus melakukan pemantauan tekanan darah dengan teratur,” ucap Lee.

Dalam penelitian yang dilakukan tim gabungan dari Hangzhou University serta University of Toronto, Kanada ini, disebutkan bahwa ada teknik yang menggunakan selfie video demi mengecek tekanan darah. Hal ini berarti, kita tak harus datang ke apotek atau klinik hanya untuk mengukurnya.

Teknik ini disebut sebagai pencitraan optik transdermal dan memakai sensor optik yang bisa menggunakan teknologi ponsel pintar. Sensor ini bisa melacak pembuluh darah di bagian bawah kulit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

“Salah satu faktor yang membuat banyak orang malas untuk mengukur tekanan darahnya adalah karena perangkat pengukur tekanan darah yang selama ini dianggap cukup merepotkan. Dengan menggunakan metode yang mudah dan simpel ini, diharapkan semakin banyak orang yang mau mengukur tekanan darahnya secara rutin,” ucap Lee.

Dalam penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Circulation: Cardiovaskular Ring ini, disebutkan bahwa ada 1.328 partisipan dari Kanada dan Tiongkok yang dilibatkan. Para partisipan ini diminta untuk duduk dan direkam wajahnya dengan kamera ponsel selama 2 menit. Di waktu yang bersamaan, ada yang mengecek tekanan darahnya dengan peralatan tradisional.

Hasilnya adalah, penggunaan video selfie untuk mengukur tekanan darah ini ternyata memiliki hasil yang hampir sama dengan hasil pengukuran tekanan darah dengan peralatan tradisional. Keakuratan ini mencapai 95 persen untuk tekanan darah sistolik dan 96 persen untuk tekanan darah diastolik.

Meskipun begitu, Lee menyebut penemuan ini masih belum sempurna dan masih dibutuhkan penelitian-penelitian lainnya untuk menyempurnakannya. Sebagai contoh, alat ini masih belum memiliki variasi perbedaan warna kulit dan hampir semua partisipan yang dilibatkan memiliki tekanan darah yang normal. Hanya saja, Lee optimis jika hal ini bisa dijadikan metode alternatif untuk mengukur tekanan darah di masa depan.

Beberapa Tips Mengukur Tekanan Darah dengan Akurat

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk bisa mendapatkan hasil tekanan darah yang akurat sehingga bisa mencegah datangnya masalah kardiovaskular.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengukur tekanan darah.

  • Pastikan untuk melakukan pengukuran tekanan darah di layanan kesehatan seperti apotek, klinik, dokter, atau tempat lain yang sudah memiliki pengalaman untuk melakukannya.
  • Ukur di bagian lengan yang memiliki posisi setara dengan bagian jantung.
  • Ukur tekanan darah saat kita berada dalam kondisi duduk, kaki berada dalam posisi menyentuh lantai dan tidak dalam kondisi bersilangan.
  • Lakukan pengukuran tekanan darah dalam kondisi rileks. Jika perlu, beristirahatlah atau bersantai selama beberapa menit sebelum melakukannya. Lakukan tekanan darah saat berada dalam kondisi diam.
  • Ada baiknya kita tidak merokok, minum kopi, minum obat, atau melakukan hal lainnya yang bisa membuat tekanan darah naik sekitar 30 menit sebelum melakukannya.
  • Lakukan saat kita sedang tidak menahan buang air kecil atau buang air besar karena hal ini bisa memberikan pengaruh pada tekanan darah.

 

Sumber:

  1. Cohut, Maria. 2018. Could selfie videos become the new blood pressure monitors?.medicalnewstoday.com/articles/325984.php. (Diakses pada 8 November 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi