Terbit: 20 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Seledri dikenal luas sebagai bahan makanan yang bisa kita temukan pada sayur sop. Seledri biasanya dipotong menjadi lebih kecil sehingga dianggap sebagai pelengkap makanan. Menariknya adalah seledri ternyata memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar, yakni mampu menurunkan hipertensi dan kolesterol pada tubuh dengan efektif.

Seledri Bisa Turunkan Kolesterol?

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Singapore, dihasilkan fakta bahwa rutin makan daun seledri bisa membantu mencegah datangnya hipertensi dengan efektif. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan ekstrak heksana di dalamnya yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, di dalam daun seledri ternyata juga ada kandungan metanol dan etanol yang membuat sirkulasi darah meningkat sekaligus mengatasi peradangan pada pembuluh darah. Untuk mendapatkan manfaat penurunan tekanan darah ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi jus seledri sebanyak satu gelas setiap hari.

Penelitian ini juga mengungkap fakta lain dari daun seledri, yakni kemampuannya dalam menurunkan kolesterol darah dengan efektif. Memang, penelitian ini masih dilakukan pada tikus percobaan, namun para ahli yakin jika efek yang sama akan didapatkan oleh manusia jika rajin mengonsumsinya.

Dalam penelitian ini, tikus-tikus percobaan mengonsumsi makanan tinggi lemak selama delapan pekan, namun mereka juga mengonsumsi ekstrak daun seledri. Hasilnya adalah, tikus-tikus ini tetap mengalami penurunan kadar kolesterol total, kolesterol jahat, dan trigliserida dengan signifikan.

Mengonsumsi daun seledri akan membuat kita mendapatkan nutrisi anti peradangan seperti antioksidan berupa flavonoid dan polifenol. Berbagai kandungan antioksidan ini akan membantu tubuh melawan paparan buruk dari radikal bebas dan stres oksidatif. Hal ini akan mencegah datangnya kanker, penyakit jantung, radang sendi, infeksi ginjal, infeksi hati, asam urat, sindrom iritasi usus besar, serta infeksi saluran kemih.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Rutin mengonsumsi daun seledri juga bisa mencegah penumpukan lemak pada liver. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Helwan University, Mesir, disebutkan bahwa tikus percobaan yang rutin mengonsumsi daun seledri dan sawi putih cenderung mengalami penurunan jumlah lemak di dalam livernya. Hal ini bisa mencegah datangnya masalah perlemakan hati dan penyakit hati lainnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi