Selamat Hari Ibu, Mari Mengingat Perjuangan Ibu yang Mempertaruhkan Nyawa Saat Melahirkan

doktersehat-bayi-anak-kecil-orangtua-bermain

DokterSehat.Com– Sudahkah Anda menanyakan kabar Ibu anda di hari ini? Di perayaan Hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember setiap tahunnya ini, ada baiknya memang kita selalu mengingat perjuangan ibu kita dalam melahirkan dan membesarkan kita. Untuk melalui proses melahirkan saja, ibu sebenarnya mempertaruhkan nyawanya dan bahkan merasakan kesakitan yang luar biasa.

Memang, banyak wanita yang mengaku merasa tidak lengkap jika belum berhasil menjadi seorang ibu. Bahkan, ada yang menyebutkan bahwa meskipun sudah melahirkan seorang anak, masih terasa ada yang kurang karena tidak mampu melahirkan secara normal, melainkan dengan proses operasi caesar.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa melahirkan dengan proses persalinan normal memang masih menjadi cara terbaik. Hal ini akan membuat tubuh seorang wanita akan secara alami memulai proses penyembuhan dan pemberian ASI bagi bayi. Sebagai contoh, kelenjar susu akan aktif dalam memproduksi kolostrum dan ASI. Selain itu, rahim akan segera melakukan kontraksi dengan tujuan mengeluarkan darah kotor, mengembalikan tubuh ke bentuk sebagaimana sebelum hamil, hingga mengembalikan keseimbangan hormon. Hanya saja, bukan berarti mereka yang melahirkan dengan operasi caesar adalah ibu yang kurang sempurna.

Kebanyakan ibu yang melahirkan dengan proses persalinan caesar adalah yang ‘terpaksa’ melakukannya karena adanya banyak faktor, baik itu kondisi kesehatan ibu atau kondisi janin di dalam kandungannya yang memang tidak memungkinkan untuk dilahirkan secara normal. Meskipun akan membuat ibu tidak merasakan sakit saat melahirkan, dalam realitanya operasi caesar membutuhkan biaya yang lebih besar dan tetap saja ibu akan merasakan rasa nyeri atau tidak nyaman pada tubuhnya dalam waktu yang lebih lama. Namun, demi keselamatan buah hatinya, ibu tetap rela untuk melakukannya, bukan?

Melihat adanya fakta ini, kita memang harus menghargai perjuangan ibu yang sudah sekuat tenaga dan melakukan apapun caranya demi memastikan kita tetap selamat, sehat, dan tumbuh dengan semestinya.

Jadi, sudahkah anda mengucapkan selamat atau menanyakan kabar pada ibu hari ini?