Terbit: 27 Agustus 2018 | Diperbarui: 5 Mei 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Berbagai cara dilakukan oleh pria atau wanita untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh ideal. Sayangnya, banyak yang gagal diet dan akhirnya berat badan tak kunjung turun.

7 Penyebab Berat Badan Tak Kunjung Turun Meski Sudah Diet

Anda merasa susah menurunkan berat badan?

Biasanya ini disebabkan oleh kesalahan diet yang seringkali tidak kita sadari. Faktor utamanya bisa jadi karena ketidaktahuan cara diet yang benar. Oleh karena itu, DokterSehat akan mengulas apa saja penyebab gagal diet yang membuat berat badan tak kunjung turun.

1. Asupan Kalori yang Tidak Tepat

Anda sudah rutin berolahraga, tapi berat badan tak kunjung turun? Penyebab gagal diet yang pertama adalah asupan kalori yang tidak tepat. Kebanyakan orang malah menambah porsi makannya jika berolahraga, padahal hal ini sangat tidak tepat.

Perhatikan juga asupan makanan yang dikonsumsi. Jangan sampai kalori yang masuk lebih besar dari yang dibutuhkan tubuh. Selanjutnya, atur juga pola makan sehari-hari dan usahakan terakhir makan di bawah pukul 07.00 malam.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

2. Kurang Minum Air

Setiap orang mempunyai kebutuhan air yang berbeda-beda. Cara menghitungnya adalah: 40mililiter/kg BB. Contoh jika berat bedan 50 kg jumlah air yang dibutuhkan adalah 2000 mililiter atau 2 liter per harinya.

Kalau cuaca sedang panas atau setelah berolahraga, Anda dapat menambahkan menjadi 50 mililiter per hari. Lalu, apa hubungan kurang minum dengan susah menurunkan berat badan?

Perlu Anda ketahui bahwa air dapat membantu mempercepat proses metabolisme dan dapat mengurangi rasa lapar. Oleh karena itu, perbanyaklah minum ketika sedang diet.

3. Mengalami Stres

Sebagai informasi, stres dapat meningkatkan hormon neuropeptida Y (NPY). Nah, kalau Anda tak ingin gagal diet, maka sebisa mungkin hindari stres atau temukan cara mengurangi stres.

Beberapa cara mengurangi stres yang bisa Anda lakukan adalah dengan meditasi atau berjemur di pagi hari. Ketika Anda tidak stres, maka hormon lebih seimbang dan berat badan jadi lebih cepat turun.

4. Kurang Asupan Protein

Kekurangan protein dapat mambuat Anda gagal diet. Saat Anda ekkurangan protein, maka akan mengalami penurunan masa otot. Nah, kondisi inilah yang membuat Anda tetap gemuk karena proses pembakaran lemak akan berjalan lambat.

5. Makan Berlebihan Setelah Olahraga

Setelah berolahraga tentu tubub merasa lelah dan juga lapar. Tak jarang seseorang malah makan banyak setelah berolahraga. Kalau Anda juga pernah sesekali melakukan hal ini, maka jangan heran kalau berat badan tak kunjung turun.

6. Mengurangi Asupan Karbohidrat

Kalau Anda masih makan nasi atau jenis karbohidrat lain dalam porsi yang cukup banyak, jangan harap bisa cepat kurus dan langsing. Perlu Anda tahu, gagal diet juga bisa disebabkna oleh asupan karbohidrat yang berlebihan.

Kalau tadinya Anda biasa makan nasi sebanyak dua centong, maka cobalah kurangi jadi satu centoh. Siasati dengan perbanyak lauk berprotein dan juga sayur-sayuran. Cara lainnya, Anda bisa menggantinya dengan buah.

7. Terlalu Banyak Asupan Lemak

Penyebab berat badan tak kunjung turun yang terakhir adalah terlalu banyak konsumsi lemak. Kalau Anda masih punya kebiasaan makan makanan berlemak atau gorengan, maka jangan harap bisa mendapatkan berat badan ideal. Sebagai langkah awal, Anda bisa mengurangi asupannya sedikit demi sedikit.

Tips Tambahan:

Selain ketujuh hal penyebab gagal diet yang sudah dijelaskan di atas, DokterSehat juga mau mengingatkan Anda agar mengurangi asupan garam. Hindari makanan-makanan asin karena faktanya, mengonsumsi garam terlalu banyak akan menurunkan sensor kenyang dalam tubuh

Menurut studi yang diterbitkan di The Journal of Nutrition, mengonsumsi makanan yang terlalu asin membuat kita jadi semakin bernafsu untuk makan. Dampaknya, kalori harian akan surplus dan disimpan dalam tubuh dalam bentuk lapisan lemak.

Itu dia penjelasan singkat mengenai penyebab berat badan tak kunjung turun. Nantikan penjelasan menarik lainnya dari DokterSehat. Jangan lupa juga kunjungi dan subscribe channel Youtube DokterSehat di sini!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi