Terbit: 11 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Aktivitas yang mengharuskan Anda untuk berada di luar ruangan membuat Anda mau tidak mau harus terkena paparan sinar matahari secara langsung. Tak jarang, akibat paparan sinar matahari yang langsung mengenai kulit, menyebabkan kulit menjadi kusam dan gelap. Untuk itu, diperlukan pemakaian produk kecantikan yang bisa melindungi wajah dari paparan sinar matahari.

Selain Wajah, 3 Bagian Tubuh ini Juga Perlu Dilindungi dengan Sunscreen

Sebagian besar wanita mungkin akan menggunakan produk kecantikan yang dinamakan dengan sunscreen. Produk ini dipercaya ampuh melindungi kulit dari paparan sinar matahari atau sinar UV yang dapat membuat kulit menjadi gelap. Umumnya, sunscreen digunakan pada wajah, tangan, dan kaki saja. Padahal, masih ada beberapa bagian tubuh lainnya yang juga wajib dioles sunscreen. Beberapa bagian tubuh tersebut diantaranya:

1. Bibir

Selain wajah, bibir juga bisa menimbulkan masalah yang dapat membuat Anda menjadi kurang percaya diri. Masalah yang sering dihadapi wanita pada bibir adalah bibir kering dan pecah-pecah. Meskipun masalah ini sering terjadi akibat kurangnya konsumsi air putih dan vitamin C tapi juga bisa terjadi akibat radiasi sinar matahari. Jika dibiarkan terus menerus, maka bibir akan menjadi kering dan gelap. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengolesi bibir Anda dengan menggunakan lip balm saat berada di dalam atau di luar ruangan.

2. Hair Line

Saat menggunakan sunscreen, jangan lupa untuk menggunakannya hingga daerah hair line. Bagian ini juga penting untuk dilindungi, meskipun kulit ditutupi oleh rambut. Sebab, jika tidak dilindungi kulit akan menjadi belang atau warna kulit yang tidak merata.

3. Kulit Kepala

Kulit kepala juga dilindungi oleh rambut, sama seperti hair line. Namun, bukan berarti daerah ini tidak perlu dilindungi dengan sunscreen. Anda juga disarankan untuk mengoleskan sunscreen pada bagian kulit kepala yang tidak ditumbuhi rambut agar terlindung dari bahaya sinar matahari yang bisa membuat rambut menjadi rontok. Apabila Anda malas mengoleskan sunscreen ke kulit kepala, Anda bisa menggunakan alternatif lain, yakni dengan menggunakan penutup kepala atau topi.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi