Terbit: 29 April 2018 | Diperbarui: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bukan rahasia lagi bahwa tempat atau fasilitas umum adalah tempat yang tidak aman bagi kesehatan seseorang. Pasalnya, apapun fasilitas yang berada di tempat umum pasti memiliki jutaan kuman dan bakteri yang bisa menyerang siapa saja. Selain itu, kebersihannya juga tidak terjamin sehingga siapa pun diwajibkan untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan fasiltias umum ataupun ketika berada di tempat umum.

Selain Toilet Umum, Inilah 3 Tempat Umum yang Dihuni Jutaan Bakteri

Sampai saat ini, ada beberapa tempat umum yang diyakini menjadi sarang bakteri dan bisa menulari setiap orang, seperti toilet umum. Namun, tak hanya itu, ada beberapa tempat umum lainnya yang perlu Anda perhatikan ketika Anda berada pada tempat tersebut. Berikut adalah 4 tempat umum yang dihuni oleh jutaan bakteri berbahaya.

1. Warnet

Warnet atau warung internet adalah tempat umum yang dilengkapi dengan puluhan perangkat komputer dan digunakan secara bergantian. Menurut hasil studi yang dilakukan oleh CBT Nuggets, dari seluruh perangkat tersebut masing-masing menyimpan jutaan bakteri yang siap menyerang setiap orang yang menggunakannya. Adapun perangkatnya mulai dari keyboard, mouse, monitor, hingga meja dan kursinya. Untuk itu, ketika di warnet, Anda harus memastikan kebersihannya dengan cara menggunakan antiseptik terlebih dahulu.

2. ATM

Hampir setiap orang saat ini memiliki kartu ATM. Sebab, dengan ATM segala transaksi keuangan dianggap menjadi lebih mudah. Mesin ATM pun mudah tersedia di mana-mana, mulai dari pusat perbelanjaan, kantor, SPBU, dan beberapa tempat lainnya. Nah, karena begitu banyak yang menggunakan, mesin ATM disebut-sebut sebagai pusat bakteri dan kuman. Hal senada juga disampaikan oleh University Arizona, bahwa mesin ATM rata-rata dihuni oleh 1.200 kuman, termasuk E.coli.

3. Pusat Kebugaran

Siapa sangka bahwa di tempat kesehatan ini begitu banyak bakteri yang bersarang? Hal itu memang benar dan telah dibuktikan oleh berbagai survey kesehatan. Di alat gym, ada begitu banyak kuman dan bakteri yang bersarang. Kuman tersebut bisa dikarenakan oleh penggunaan yang bergantian, bisa pula dikarenakan oleh reaksi kimiawi dari alat tersebut. Untuk itu, setelah melakukan aktivitas kebugaran di pusat latihan, ada baiknya Anda segera membersihkan diri agar bakteri tidak menempel pada tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi