Terbit: 8 April 2018 | Diperbarui: 9 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat sedang dalam proses penurunan berat badan, ada banyak pantangan yang harus dijalani, salah satunya adalah ngemil. Ngemil memang aktivitas yang sangat dicintai oleh sebagian besar wanita. Namun, terkadang mereka salah dalam memilih cemilan, seperti keripik yang memiliki rasa asin dan gurih, serta cokelat yang memiliki rasa manis.

Selain Tidak Bikin Gemuk, Dark Chocolate Juga Memiliki Banyak Manfaat

Photo Credit : pixabay.com

Cokelat memang sering dianggap sebagai makanan manis yang dapat memicu kenaikan berat badan, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang dalam program diet. Namun, jika Anda masih ingin mengonsumsi cokelat sebagai cemilan, sebaiknya Anda memilih jenis dark chocolate.

Dark chocolate tidak akan membuat berat badan Anda semakin bertambah, justru dark chocolate memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. Apa saja manfaat dari dark chocolate tersebut? berikut penjelasannya.

  • Mencegah Kanker

Siapa yang tidak ingin terhindar dari penyakit berbahaya ini? Apapun pasti akan Anda dilakukan agar penyakit kanker tidak menimpa tubuh Anda. Ternyata, dark chocolate juga dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Menurut para ahli, dark chocolate mengandung zat flavanoiddan polyphenol sangat tinggi yang berfungsi menjaga tubuh dari virus penyakit termasuk kanker.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  • Mencegah Diabetes

Selain kanker, diabetes juga merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Penyakit ini terjadi akibat meningkatnya gula darah dalam tubuh. Tahukah Anda, bahwa dark chocolate bisa mencegah penyakit diabetes karena ketika para ilmuwan meneliti hubungan cokelat dengan tekanan darah manusia, mereka menemukan bahwa para responden yang mengonsumsi dark chocolate secara rutin dapat menurunkan tekanan darah. Seperti yang Anda ketahui bahwa tekana darah berkorelasi dengan penyeimbangan gula dalam tubuh.

  • Meningkatkan Mood

Tidak dapat dipungkiri lagi jika cokelat bermanfaat untuk mengembalikan mood menjadi lebih baik. Seseorang yang mengalami stres atau mood yang kurang baik akan merasa pulih kembali setelah mengonsumsi cokelat. Sama halnya dengan dark chocolate yang juga berfungsi untuk meningkatkan mood Anda karena mengandung endorphin atau hormon bahagia yang dapat meningkatkan mood seseorang.

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi