Terbit: 22 April 2018 | Diperbarui: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda tentu sudah mengetahui bahwa olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk bagi anak-anak. Namun ternyata olahraga juga memiliki dampak positif bagi perkembangan psikologis anak.

Selain Menyehatkan, Ini Manfaat Olahraga bagi Psikologis Anak

Pic Credit: Brandon

Manfaat olahraga bagi psikologis anak

1. Membuat anak percaya diri
Tahukah Anda bahwa berolahraga dapat membantu anak meningkatkan rasa percaya dirinya? Dengan berolahraga, anak dapat mengikis sifat pemalu yang ada pada dirinya secara perlahan-lahan.

2. Membuat anak merasa bahagia
Pada usia balita, anak-anak yang berolahraga rata-rata diiringi musik yang membuat anak gembira. Selain itu berolahraga juga melepaskan hormon yang membuat anak menjadi lebih bahagia. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa anak yang aktif berolahraga cenderung memiliki stres yang rendah.

3. Mencegah deperesi
Stres dan depresi juga dapat dialami oleh anak-anak lho Mom, terutama anak perempuan. Olahraga dapat menurunkan risiko anak untuk mengalami depresi. Ajak anak Anda untuk berolahraga baik secara tim maupun individu agar anak merasa bugar dan anak terhindar dari rasa depresi dan tidak berdaya yang dapat memicu deperesi.

4. Membentuk karakter anak

Dengan mengajak anak berolahraga, anak akan lebih terlatih menjadi anak yang bisa bekerja sama, tahu mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak, anak akan belajar mematuhi aturan, dan semakin mengksplorasi kemampuan diri. Selain itu anak-anak juga akan belajar mengeksplorasi kemampuan diri dan berkembang menjadi individu yang kuat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Memilih olahraga yang sesuai untuk anak

Olahraga memang baik bagi anak, namun Anda juga harus menyesuaikan jenis olahraga yang sesuai dengan usia anak. Sebagai tahap awal, Anda bisa mengenalkan anak untuk bersepeda, gym untuk anak, dan beberapa olahraga permainan seperti sepak bola atau basket,


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi