Terbit: 4 Februari 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Buah durian kerap disebut disebut sebagai ‘Rajanya Buah’ di Asia Tenggara, selain rasanya manis dan legit, ternyata memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan, terutama untuk infertilitas atau kesuburan pria maupun wanita.

Selain Legit, Durian Bisa Menyembuhkan Kemandulan

Buah berkulit duri dan beraroma pekat ini digemari sebagai penganan yang dinikmati secara utuh maupun dalam bentuk olahan.

Begitu pun di berbagai belahan dunia, buahnya dikonsumsi tidak hanya citarasanya yang luar biasa, namun juga untuk manfaat kesehatannya, terutama bagi wanita.

Ketahui bagaimana durian memiliki khasiat untuk menyembuhkan ketidaksuburan, seperti dilansir dari Mom Junction, berikuit ini:

1. Durian mengandung estrogen
Menurut Dr. K. Francis, kepala Departemen Botani di Universitas Bharathiar di India, buah berkulit keras ini mengandung hormon estrogen. Hormon ini diproduksi secara alami di tubuh manusia, namun mungkin tidak tersedia pada tingkat yang cukup pada beberapa tubuh wanita, sehingga menyebabkan kemandulan. Karena tingginya jumlah estrogen di dalamnya, durian bisa membantu hamil secara alami.

2. Durian mengandung afrodisiak
Afrodisiak adalah zat penambah gairah seks yang manjur. Jika mengonsumsi durian secara teratur, ini dapat meningkatkan dorongan dan fungsi seksual Anda. Buah juga bisa mengurangi kemandulan pada pria dengan meningkatkan motilitas sperma.

3. Membantu menjaga berat badan
Durian juga bisa mengurangi risiko kenaikan berat badan tidak sehat selama kehamilan. Tingginya jumlah serat dan komposisi mineral dan air yang lengkap dalam durian ini dapat menjaga berat badan Anda terkendali. Memang durian mengandung lemak, tapi ini adalah lemak sehat yang sangat bermanfaat bagi Anda, dengan mengkonsumsi secukupnya.

4. Mengobati sindrom ovarium polikistik
Infertilitas akibat PCOS atau sindrom ovarium polikistik meningkat pada tingkat yang mengkhawatirkan. Resistensi insulin, salah satu faktor utama yang bertanggung jawab untuk PCOS, juga dapat menginduksi sindrom metabolik. Sifat anti-inflamasi, anti-obesitas dan anti-hiperglikemik di dalam buah durian dapat melawan beberapa komponen sindrom metabolik komorbid secara efektif.

5. Mencegah anemia
Ini adalah fakta terdokumentasi dengan baik bahwa anemia dapat menggagalkan kemungkinan hamil yang mengurangi produksi sel darah merah.

Durian mengandung banyak asam folat, komponen penting dalam produksi sel darah merah. Selain itu juga mengandung tembaga dan besi, dua komponen penting lainnya dari sel darah merah. Begitu produksi sel darah merah kembali normal, gejala anemia hilang.

Manfaat Lain Buah Durian untuk Masalah Kesuburan

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Durian mengandung gula sederhana seperti sukrosa, fruktosa dan lemak sederhana lainnya yang melengkapi dan merevitalisasi tubuh secara instan. Jadi porsi buah ini akan membuat Anda tetap aktif sepanjang hari.

2. Meningkatkan kesehatan tulang
Durian adalah sumber potasium, magnesium, tembaga, dan mangan yang sangat baik, yang semuanya berperan penting dalam mengembangkan dan mempertahankan kekuatan dan daya tahan tulang. Mineral ini juga mencegah perkembangan osteoporosis. Tingginya kadar potasium dalam durian meningkatkan efisiensi serapan hara oleh sel, yang memberi manfaat pada kesehatan tulang.

3. Mengobati insomnia
Durian memiliki triptofan, zat kimia organik yang membuat tidur nyenyak. Bila Anda menambahkan triptofan dalam makanan Anda, zat ini memasuki otak dan kemudian diubah menjadi serotonin, yang menginduksi perasaan bahagia dan rileks.

Kelebihan serotonin melepaskan melatonin di dalam tubuh, menyebabkan tubuh kelelahan. Jadi jika Anda menderita insomnia, ambil beberapa potong durian sebelum tidur dan lihat hasilnya sendiri!

Kapan waktu yang tepat makan durian agar segera hamil?
Tidak ada hari atau waktu tertentu untuk menikmati buah durian. Tapi seperti yang dikatakan pakar kesehatan, terlalu banyak hal buruk. Batasi asupan buah durian Anda menjadi dua atau tiga buah dalam seminggu, atau bisa juga efeknya merugikan. Konsumsi durian yang mengandung alkohol bisa memicu efek samping seperti perut kembung dan gangguan lambung.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi