Terbit: 11 September 2018 | Diperbarui: 31 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Agar roti memiliki rasa yang enak, banyak orang yang memakai selai yang dioleskan pada roti tersebut. Hanya saja, banyak orang yang khawatir saat makan selai mengingat di dalam selai biasanya kaya akan kandungan gula. Beruntung, menurut pakar kesehatan, ada selai yang dianggap aman untuk kita konsumsi. Selai ini adalah selai kacang.

Selai Kacang Turunkan Kolesterol?

Dilansir dari TIME, Lisa Sasson dari New York University menyebut selai kacang memiliki rasa yang enak sekaligus bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalam dua sendok makan selai kacang saja kita sudah bisa menemukan 2 gram serat, 7 gram protein, dan 16 gram lemak. Selai kacang juga kaya akan vitamin dan mineral.

Hanya saja, sebagian orang menganggap tingginya kadar lemak ini menandakan bahwa selai kacang sebaiknya tidak dikonsumsi dengan berlebihan demi menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Beruntung, menurut Sasson, makan selai kacang justru bisa memberikan manfaat bagi jantung, khususnya dalam hal menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan risiko terkena penyakit jantung.

Saat kita ingin memilih selai kacang. Pastikan untuk mengecek kandungan lemak trans dan gula di dalam label yang tercantum dalam kemasannya. Jika kandungan tersebut cukup rendah, maka selai kacang ini cocok untuk kita konsumsi setiap hari.

Hanya saja, akan jauh lebih baik bagi kita untuk tidak mengonsumsi selai kacang dengan berlebihan. Konsumsilah sekitar dua sendok makan saja setiap hari sehingga kita tidak akan mengonsumsi kalori dengan berlebihan. Sebagai informasi, di dalam dua sendok selai kacang terdapat 200 kalori, jumlah yang dianggap ideal untuk dioleskan kepada roti atau biskuit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi