Terbit: 9 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Vasektomi adalah salah satu prosedur kontrasepsi yang diperuntukkan pada pria. Dengan melakukan vasektomi, kemungkinan terjadi kehamilan sangat rendah, bahkan bisa dibilang nyaris nol persen. Meski pria melakukan ejakulasi di dalam vagina saat masa subur, kehamilan tidak akan terjadi sampai kapan pun.

Seks Setelah Melakukan Vasektomi, Apa yang Akan Terjadi?

Nah, yang jadi pertanyaan adalah berbahayakah vasektomi pada kemampuan seksual pria di atas ranjang. Lalu apa yang terjadi beberapa saat setelah vasektomi, apakah pria bisa langsung berhubungan badan dengan pasangannya?

Kapan bisa bercinta usai menjalani vasektomi?

Dikutip dari halaman The Health Line, pria tidak bisa langsung melakukan aktivitas seks dengan pasangannya setelah vasektomi. Area di sekitar kantung zakar akan tidak nyaman dan sering memunculkan rasa sakit. Selain itu, area di sekitar kantung zakar yang dibedah juga belum sembuh sempurna sehingga peluang terjadi infeksi sangat besar.

Lebih baik menghindari aktivitas seks dahulu dengan pasangan sampai luka sembuh dengan sempurna. Sebelum bercinta pun pria juga harus mengalami ejakulasi sebanyak 20 kali untuk memastikan ada atau tidaknya kandungan sperma dalam cairan mani. Jadi, tidak memakai kondom selama beberapa bulan pasca vasektomi masih berisiko kehamilan.

Apakah seks pasca vasektomi sakit?

Prosedur vasektomi sama halnya dengan prosedur operasi-operasi lain yang dilakukan oleh pria. Kalau belum sembuh dengan maksimal masih menimbulkan rasa sakit. Biasanya setelah vasektomi, pria masih mengalami beberapa hal di bawah ini.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  • Rasa sakit ringan di sekitar kantung zakar.
  • Memar agak kemerah-merahan di area zakar kalau terjadi infeksi.
  • Darah yang keluar bersamaan dengan cairan mani.
  • Pembengkakan di area zakar dan penis.
  • Gumpalan darah di zakar.

Gangguan pada penis lambat laun akan hilang dengan sendirinya. Bahkan kemampuan seks pria bisa meningkat setelah vasektomi. Semoga informasi di atas bermanfaat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi