5 Cara Membuat Wanita Menikmati Seks Meski Memiliki Endometriosis

seks-nikmat-dengan-endometriosis-doktersehat

DokterSehat.Com – Endometriosis adalah gangguan pada rahim wanita yang bisa menyebabkan rasa sakit yang hebat. Pertumbuhan lapisan endometrium yang tidak normal menyebabkan wanita sering nyeri saat menstruasi dan perdarahannya banyak. Selain itu, terkanan endometriosis yang besar juga membuat seks jadi terganggu.

Gangguan seks yang sering dialami oleh wanita adalah rasa sakit yang terlalu besar. Selain itu, ada kemungkinan  perdarahan kalau seks yang dilalukan berjalan dengan sangat intens.

Kalau Anda atau pasangan memiliki endometriosis, ada baiknya berhati-hati saat melakukan seks. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa menikmati seks meski memiliki endometriosis:

  1. Siapkan pelumas dalam jumlah banyak

Sebelum melakukan seks, selalu siapkan pelumas terlebih dahulu. Pelumas bermanfaat untuk menghindari gesekan penis dan vagina terlalu besar. Selain itu, rasa licin juga akan memberikan kenikmatan yang besar. Rasa nikmat ini akan menurunkan rasa sakit atau nyeri yang kemungkinan besar muncul.

Meski Anda sudah menggunakan pelumas, ada baiknya untuk tetap melakukan pemanasan dengan benar. Pemanasan ini dilakukan untuk membuat wanita lebih relaks dan siap menerima penetrasi. Kalau pasangan langsung melakukan seks, rasa sakit tetap ada dan dirasakan oleh wanita.

  1. Pilih gaya seks yang benar

Pilih gaya atau posisi seks yang benar. Pemilihan ini harus dilakukan untuk membuat wanita menjadi lebih nyaman dan menghindari rasa sakit yang terlalu besar. Jauhi, posisi seks yang memberikan penetrasi dalam seperti doggy style.

Gaya seks yang bisa dilakukan pasangan adalah jenis misionaris atau spooning yang membuat wanita bisa lebih santai menerima penetrasi. Selain itu, kontrol pria terhadap penetrasi bisa berjalan dengan lebih lancar.

  1. Minum obat nyeri sebelum seks

Nyeri yang dirasakan oleh wanita dengan kondisi endometriosis berbeda-beda. Ada yang nyerinya sangat kuat dan ada yang biasa dan mudah hilang. Kalau nyeri yang muncul sangat besar dan berpotensi mengganggu, coba minum anti nyeri seperti ibuprofen satu jam sebelum melakukan seks.

Dengan obat nyeri ini, rasa sakit yang mungkin saja muncul bisa diatasi dengan mudah. Nyeri sedikit saat seks mungkin saja bisa terjadi. Namun, hal ini bisa diatasi dengan mudah. Oh ya, sebelum mengonsumsi obat saat seks, konsultasikan dahulu pada dokter. Semua obat biasanya memiliki efek samping dengan penggunaan terlalu banyak.

  1. Lakukan seks dengan ritme yang benar

Melakukan seks saat sedang memiliki endometriosis tidak bisa dilakukan dengan sangat intens. Kalau seks dilakukan terlalu intens, ada kemungkinan terjadi gangguan pada vagina khususnya di serviks. Terkanan yang kuat dari penis bisa menyebabkan rasa sakit dan juga perdarahan.

Lakukan seks dengan santai dan usahakan membuat wanita tidak merasakan sakit. Kalau melakukan penetrasi, lebih baik jenis dangkal agar penis tidak terlalu jauh masuk dan menyebabkan rasa sakit yang jauh lebih besar.

  1. Berkomunikasi dengan pasangan

Selalu lakukan komunikasi yang baik dengan pasangan. Komunikasi ini dilakukan dengan intens sebelum seks dilakukan, saat dilakukan, dan sesudahnya. Selama ini pasangan hanya diam saja saat seks. Padahal mereka bisa berkomunikasi terkait rasa yang muncul apakah sakit atau tidak.

Kalau komunikasi pasangan berjalan dengan baik, wanita tidak akan mengeluhkan sakit. Begitu terasa sakit, mereka bisa minta pasangan untuk menurunkan tempo atau berganti gaya. Wanita tidak perlu sungkan atau merasa tidak enak karena dalam seks mereka juga harus mendapatkan kenikmatan.

Inilah beberapa cara membuat wanita menikmati seks meski memiliki endometriosis di dalam vaginanya. Semoga bermanfaat untuk Anda.