Seberapa Penting Seks dalam Hubungan Pria dan Wanita

seks-dalam-hubungan-doktersehat

DokterSehat.Com – Banyak yang mengatakan kalau dalam hubungan romantis antara pria dan wanita, seks dianggap penting. Tanpa seks, hubungan bisa saja mengalami masalah. Namun, ada juga yang mengatakan kalau seks hanya sebagai pemanis saja. Selebihnya kedekatan pasangan yang jadi kunci. Mana yang benar?

Pentingnya Seks dalam Sebuah Hubungan

Setiap orang memiliki alasan sendiri untuk melakukan seks, apalagi pasangan. Oleh karena itu memahami pentingnya seks dan hubungan harus dilakukan semua orang agar hubungannya tidak mengalami masalah. Berikut beberapa hal tentang pentingnya seks dalam hubungan.

  1. Seks dan Kebutuhan Individu Seseorang

Disadari atau tidak, seks adalah kebutuhan dasar yang dimiliki oleh mereka yang sudah dewasa. Seperti halnya makan, seks juga harus dipenuhi oleh pasangan. Dengan memenuhi kebutuhan seks yang dimiliki oleh pasangan, hubungan akan semakin membaik dan minim sekali terjadi masalah.

Seks memang bukan satu-satunya yang membuat pasangan bisa jadi dekat dan kualitas hubungannya meningkat. Kadang komunikasi yang intens dengan pasangan, saling terbuka, dan juga kejujuran membuat hubungan minim sekali mengalami masalah.

  1. Alasan Mengapa Seks Sangat Penting

Banyak dari kita menganggap seks sebagai sesuatu yang penting. Nah, apa alasan dari pentingnya seks dalam hubungan? Berikut beberapa alasannya.

  • Bisa menguatkan hubungan atau ikatan dengan pasangan.
  • Kesempatan untuk menunjukkan ketertarikan dan juga rasa cinta yang besar. Hal ini akan membuat hubungan Anda dan pasangan kian erat.
  • Merasa lebih aman kalau bisa melakukan seks dengan pasangan. Terkadang ada juga yang tidak nyaman atau merasa takut entah karena ada masalah dengan body image atau rasa percaya diri.
  • Memberikan rasa nikmat dan juga senang.
  • Mendapatkan keturunan bagi pasangan yang belum memiliki anak.
  1. Manfaat Seks untuk Fisik dan Mental Pasangan

Seks tidak hanya memberikan manfaat secara fisik saja seperti puas dan mendapatkan orgasme semata. Seks juga bisa memberikan efek pada tubuh seperti semakin sehat dan memiliki kadar lemak yang sedikit di dalam tubuh. Seks juga akan meningkatkan daya tahan sehingga Anda tidak mudah sakit.

Seks juga memiliki manfaat secara mental. Dengan melakukan seks tubuh akan jadi relaks dan juga tenang. Perpaduan dua hal itu akan membuat hubungan Anda dengan pasangan bisa berjalan dengan baik.

  1. Mampu Memberikan Intimasi dan Umpan Balik

Intimasi adalah hal yang sangat penting dalam sebuah hubungan. Intimasi tidak hanya berhubungan dengan seks atau yang mesra. Intimasi juga kedekatan saat melakukan berbagai kegiatan. Tanpa keintiman ini pasangan akan sulit mempertahankan eksistensinya dengan baik.

Kalau Anda melakukan seks dengan pasangan secara rutin, keintiman akan selalu terjaga dengan baik. Lambat laun keintiman akan terbawa ke kehidupan sehari-hari.  Apabila pasangan tidak bisa memasukkan seks dalam kehidupan sehari-hari, keintiman akan sulit didapatkan.

Selain keintiman yang intens, sering melakukan seks juga akan membantu pasangan dalam hal umpan balik. Kadang kita tidak bisa memberikan saran pada pasangan hanya karena takut. Padahal saling memberikan saran dan menyelesaikan masalah bersama akan membuat hubungan kian baik.

  1. Meningkatkan Kecocokan Hubungan

Meski sudah menikah, hubungan dua orang tidak akan langsung cocok begitu saja. Kadang ada beberapa hal yang masih mengganjal dan memicu masalah. Kalau Anda rutin melakukan seks dan meningkatkan keintiman, ketidakcocokan bisa saja diminimalkan atau mungkin ada pemakluman.

Intinya komunikasi dalam seks harus dilakukan dengan baik. Kalau komunikasi bisa berjalan dengan baik, masalah sekecil apa pun yang muncul pasti segera diatasi. Kalau Anda dan pasangan hanya diam saja, justru bahaya di kemudian hari.

  1. Seks dan Perubahannya dalam Hubungan

Hubungan yang dibangun oleh pria dan wanita tidak melulu berjalan dengan lancar. Ada kalanya hubungan yang dijalani menemui hambatan dan pertengkaran. Hal seperti ini wajar terjadi dan akan terjadi pada banyak orang. Bahkan, kemungkinan mengalami kebosanan bisa sangat besar dan hal itu berbahaya.

Masalah sekecil apa pun harus segera diatasi dengan baik agar tidak berlarut-larut. Cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikannya adalah dengan melakukan seks. Lakukan seks dengan pasangan untuk memulai pembicaraan, membuang masalah, dan mulai menghancurkan rasa bosan.

  1. Bisa Saling Membantu dalam Banyak Hal

Meski sudah menikah, komunikasi antara pria dan juga wanita kerap mengalami beberapa gangguan. Kadang tidak ada komunikasi yang intens sama sekali. Padahal dengan komunikasi yang intens, seseorang akan saling mengetahui segala kekurangan dan saling bantu untuk menyelesaikannya.

Saat melakukan seks, pasangan akan saling terbuka apalagi kalau ada masalah yang serius. Setelah seks selesai dilakukan, Anda dan pasangan bisa berkomunikasi dengan intens dan saling membantu. Kalau masalah bisa diselesaikan berdua, kenapa harus sendirian saja? Jangan terlalu gengsi demi kebaikan bersama.

Inilah beberapa hal yang menunjukkan kalau seks ternyata penting dalam hubungan. Untuk mempertahankan hubungan dengan pasangan, seks memang bukan satu-satunya yang harus dilakukan. Namun, kalau dilakukan dengan baik bisa menunjang hubungan agar menjadi lebih baik.

 

Sumber:

  1. Ferguson, Sian. 2019. Is Sex Important in a Relationship? 12 Things to Consider. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/is-sex-important-in-a-relationship. (Diakses pada 4 November 2019)
  2. Garvey, Mariane. 2018. Is Sex Really *That* Important in a Relationship?. https://www.bravotv.com/personal-space/is-sex-really-that-important-in-a-relationship. (Diakses pada 4 November 2019)
  3. Whitbourne, Susan Krauss. 2017. The Secret Reason Why Sex Is So Crucial in Relationships. https://www.psychologytoday.com/us/blog/fulfillment-any-age/201707/the-secret-reason-why-sex-is-so-crucial-in-relationships. (Diakses pada 4 November 2019)
  4. Kassel, Gabrielle. 2018. 6 REASONS WHY SEX IS IMPORTANT IN A RELATIONSHIP. https://www.wellandgood.com/good-advice/why-is-sex-important-relationship/. (Diakses pada 4 November 2019)
  5. Stritof, Sheri. 2019. The Benefits of Having Sex More Often. https://www.verywellmind.com/why-to-have-sex-more-often-2300937. (Diakses pada 4 November 2019)