Terbit: 3 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selama ini kita hanya dijejali berbagai manfaat terkait seks. Katanya seks yang dilakukan secara rutin bisa membuat wanita dan juga pria awet muda. Lalu awet muda ini datang dari mana? Apa hubungan atau korelasi antara awet muda dengan frekuensi berhubungan seks yang dilakukan oleh pasangan?

Bercinta Minimal Sekali Seminggu Bisa Buat Wanita Awet Muda

Kalau Anda ingin tahu lebih detail dan jelas terkait dengan manfaat seks untuk awet muda dan juga hidup lebih sehat, simak beberapa penjelasan di bawah ini. Pada artikel ini Anda akan mengetahui bagian apa dari tubuh yang bertugas untuk mengatur penuaan, korelasi antara seks dan awet muda, dan manfaat seks lain khususnya pada wanita.

Hubungan seks dengan awet muda

Seks memiliki hubungan yang erat dengan penuaan dini. Hubungan ini terlihat dari penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di University of California, Amerika. Penelitian ini dilakukan pada 129 wanita yang masih aktif secara seksual. Wanita yang diteliti akan diambil sampel darahnya untuk dilihat komponen telomere.

Telomere adalah zat yang ada di dalam darah dan berhubungan erat dengan payung atau ujung DNA. Zat ini biasanya akan menurun pada wanita yang mengalami penuaan dini atau sering mengalami stres. Semakin turun kandungan telomere, semakin cepat tua wanita.

Dari penelitian ini didapatkan data kalau wanita yang rutin melakukan seks minimal satu kali seminggu tidak mengalami penurunan telomere. Bahkan wanita yang usianya cukup besar, kandungan telomerenya semakin tinggi. Dari sini didapatkan kesimpulan kalai jumlah dari telomere berhubungan dengan penuaan. Selanjutnya sedikit dan banyaknya telomere juga dipengaruhi aktivitas seks wanita.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Intensitas seks pasangan per minggu

Selama ini seks yang dilakukan oleh pasangan sering sekali menurun. Penurunan ini biasanya disebabkan oleh aktivitas yang terlalu sibuk sehingga waktu untuk seks jarang sekali ada.

Beberapa pasangan yang sudah memiliki anak juga jarang sekali bercinta. Alasan utama yang membuat pasangan enggan bercinta setelah punya anak adalah tidak ada waktu berdua. Anak selalu hadir di tengah-tengah pasangan.

Sebenarnya apa pun kondisinya, seks tetap harus dilakukan minimal satu kali dalam seminggu. Kalau pasangan mengaku tidak memiliki waktu untuk melakukan seks, berarti mereka tidak bisa menyiasatinya dengan baik. Padahal seks bisa dilakukan dengan kilat atau di kamar mandi saat mandi bersama.

Manfaat lain dari seks untuk wanita

Selain untuk membuat pasangan awet mudah khususnya pada wanita, seks yang dilakukan dengan rutin setiap minggunya juga bisa memberikan beberapa manfaat di bawah ini.

  1. Menurunkan kadar lemak

Seks yang dilakukan secara intens bisa membakar lemak dengan sangat baik. Seks tidak ubahnya dengan olahraga yang dilakukan oleh pasangan hingga berkeringat. Kalau Anda rutin melakukan seks setiap minggu minimal sekali, kalori yang dibakar akan tinggi.

Kalau kalori yang dibakar cukup tinggi, kemungkinan terjadi penumpukan lemak akan rendah. Bahkan lemak yang ada di dalam tubuh akan menurun sedikit demi sedikit.

  1. Menyehatkan panggul

Panggul wanita memiliki berbagai jenis otot yang berguna untuk seks dan reproduksi. Sering melakukan seks akan membuat otot menjadi kuat sehingga kemungkinan mendapatkan orgasme yang besar bisa terjadi.

  1. Menyehatkan kulit secara menyeluruh

Setelah bercinta dan mendapatkan orgasme, tubuh wanita akan menghasilkan  senyawa bernama DHEA. Senyawa ini akan membuat kulit menjadi sehat sehingga wanita semakin terlihat awet muda.

Demikianlah sedikit ulasan tentang seks yang bisa membuat wanita menjadi awet muda. Nah, dalam satu minggu ini sudahkah Anda melakukan seks?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi