Terbit: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com-Apakah Anda sering mengonsumsi dessert atau makanan penutup? Meskipun bukan menjadi kebiasaan yang umum, namun mengonsumsi makanan penutup setelah makan utama merupakan suatu bagian dalam metode penyajian makanan ala barat. Kira-kira, benarkah mengonsumsi makanan penutup menyehatkan?

Sehatkah Mengonsumsi Dessert Setelah Makan Utama?

Makanan penutup sebenarnya memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh, yaitu membantu tubuh dalam mencerna makanan setelah mengonsumsi makanan utama. Selain itu makanan penutup memberikan rasa yang segar di mulut pasca mengonsumsi makanan utama yang porsinya cukup besar.

Melihat manfaat tersebut, maka makanan penutup dapat menjadi makanan yang sangat menyehatkan namun tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar manfaatnya maksimal, diantaranya adalah:

1. Pemilihan porsi agar kalori dalam satu kali makan sesuai kebutuhan

Jumlah kalori dari makanan pembuka, utama dan penutup tidak boleh melebihi dari kebutuhan kalori dalam satu kali makan. Sehingga, jika kita berencana mengonsumsi makanan dengan jenis sajian lengkap maka perhatikan bahwa porsinya tidak berlebihan.

Sebagai contoh, orang dengan kebutuhan 2000 kkal dalam satu kali makan utama dianjurkan mengonsumsi 400-450 kkal. Ketiga sajian makanan, makanan pembuka, utama dan penutup, tidak boleh melebihi kebutuhan tersebut agar asupan kalori tidak berlebihan.

2. Hindari memilih makanan penutup tinggi kalori

Usahakan untuk tidak memilih kue manis atau cake dengan tambahan gula atau cokelat manis sebagai makanan penutup. Makanan tersebut merupakan makanan tinggi kalori yang akan meningkatkan risiko penyimpanan lemak dalam tubuh jika konsumsinya berlebihan.

Agar kalori dapat ditekan, penggunaan gula rendah kalori dianjurkan untuk bahan makanan penutup misalnya pada jeli atau puding.

3. Pilih jenis makanan penutup yang sehat dan menyegarkan

Berkaitan dengan fungsi makanan penutup dalam membantu pencernaan serta pengaturan porsi, maka kita harus cermat dalam memilih makanan penutup. Umumnya makanan yang manis dan menyegarkan menjadi pilihan yang tepat.

Puding atau jeli buah, buah potong dingin atau es krim bisa menjadi pilihan yang sehat nan menyegarkan untuk makanan penutup.

Nah, dengan pemilihan makanan penutup seperti di atas, manfaat dari makanan penutup dapat kita rasakan dengan maksimal, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi