Lebih Sehat Mana, Mie Instan Rebus atau Mie Instan Goreng?

mie_goreng_instan_doktersehat_3
Photo Source: Flickr/Valentin Janiaut

DokterSehat.Com– Salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia dan di seluruh dunia adalah mie instan. Bahkan, mie instan dari Indonesia dikenal luas sebagai salah satu mie dengan rasa paling enak di seluruh dunia. Sayangnya, dibalik kenikmatan dari mie instan, terdapat bahaya kesehatan yang mengintai jika kita terlalu sering mengonsumsinya.

Sebuah pertanyaan pun muncul, jika kita memang sangat suka dengan mie instan, mie instan manakah yang dianggap bisa menjadi pilihan yang jauh lebih sehat untuk kita konsumsi. Apakah mie instan rebus yang nikmat untuk dikonsumsi dengan kuah hangat, atau mie instan goreng yang sering kita konsumsi sebagai lauk?

Pakar kesehatan dr. Adrian Setiaji menyebutkan bahwa tidak ada yang lebih baik diantara mie instan rebus dan mie instan goreng. Hal ini disebabkan oleh proses pembuatannya yang hampir sama. Memang, proses pengolahan kedua jenis mie ini agak berbeda, namun tetap saja kita akan mengonsumsi makanan yang tidak sehat meskipun penyajiannya berbeda.

Dr. Adrian menyarankan kita untuk mengganti air dari kuah mie yang kita rebus hingga 2 kali jika ingin mengonsumsi mie instan dengan aman. Hal ini diyakini bisa membantu proses pembuangan zat pengawet dalam mie instan yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Kita juga bisa menggunakan cara lain jika ingin mengonsumsi mie instan dengan lebih sehat, yakni dengan tidak mengonsumsinya saat masih dalam kondisi mentah layaknya kerupuk, membatasi konsumsi mie instan hingga sekali saja dalam seminggu, menambahkan sayuran dalam mie instan, tidak mengonsumsi mie instan dengan nasi, dan selalu mencukupi kebutuhan air putih setiap hari demi membantu proses detoksifikasi tubuh.